Bagaimana mendistraksikan pikiran?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....


      Selamat malam semuanya, selamat mengerjakan tugas. gue baru aja selesai bikin PPT buat presentasi besok (even besok gak tau sih siapa yang bakal presentasiin hasil tutor ngebut 4 jam) 

      Anywaaaayyyyyy.....sudah sejak...1 mingguan lah gue berusaha mendistraksikan pikiran gue dari hal-hal yang sebenernya udah...apa ya bahasanya? gini-gini, gue udah seneng banget hampir sekitar 1-2 bulan gue merasakan peace of mind gitu. semacam gue emang lebih tenang, lebih berfikir postif, pokoknya yang ada dalam diri gue itu yang baik-baik (yaa gue gak tau juga sih baiknya gimana, cuma pikiran gue tenang aja gitu) tapi sejak kedatangan negara api yang tidak diundang atau bahkan gue tidak memancing, pikiran tenang gue itu...bergejolak kembali. why? WHY? W H Y ?

   Sebenernya ini adalah suatu pertanyaan terbesar gue sejak...2 tahun belakangan ini. karena emang selalu terjadi di menuju akhir tahun. Nah, biasanya imun gue menuju akhir tahun tuh emg low gitu. jadi gampang sakit atau sensitive. gue kurang bisa mengakali ini nih. karena...gatau kayak bawaan orok gitu. tapi terjadi cuma 2 tahun belakangan ini aja. sekarang yang mau gue ceritain disini adalah, gue mau share beberapa pengalaman gue yang berusaha mendistraksi pikiran gue mengenai hal-hal yang orang itu gak mikirin, tapi gue malah berfikir keras gitu (paham kan? paham lah! PENCERDASAN KOSA KATA DONG!)

     Jadi, gue setelah bertanya kepada hampir puluhan orang tentang

"Bagaimana sih biar kita gak mikirin hal itu terus? padahal yang kita pikirin belum tentu mikirin kita!"


     Nah ini sebenernya gak tertuju kepada suatu objek baik itu orang atau benda, bisa ke yang lain. jadi di mohonkan bagi yang membaca untuk tidak merasa terintimidasi, kalo iya...ya bisa jadi ANDA PELAKUNYA SEJAK 2 TAHUN TERAKHIR INI (mulai gak santai)


   Begini...gue itu sebenernya tipekal orang yang dikit2 kebawa pikiran. kelihatan outside nya tuh santai, tenang, pembawaannya kalem. tapi jujur aja, di fikiran gue itutuh semacam muteeeeerrr banget. kayak gue harus mengatur strategi atau bahkan mikirin bisa sampe berhari2. sebenernya benefit untuk gue gak ada. jujur gak ada. gue malah jadi males ngapa2in, males makan, males deh pokoknya. cuma kalo udah ada suatu kewajiban, gue gak bakal ninggalin itu. Setelah konsul sama beberapa orang, ini ada cara mereka untuk MENDISTRAKSI PIKIRAN YANG MENURUT MEREKA GAK PENTING! well, check this out...

  1. MENDEKATKAN DIRI KEPADA SANG PENCIPTA! This is very very very AMPUH FOR ME YAH! karena...gue banyak introspeksi diri disini. gue banyak berdoa, banyak memohon dan jujur ketenangan hati didapatkan disini. gue pernah baca di salah satu acc official gitu, tentang Islam. dimana Allah lebih menyukai Makhluknya yang mendekatkan diri kepadanya, maka dari itu Allah tak suka jika kita menduakannya atau berpaling darinya. yang gue tanggep disitu adalah, ketika kita merasa tertekan, under pressure, merasa bahwa dunia dan seisinya sedang tidak bersahabat. memang hanya Allah lah yang selalu ada untuk kita, cerita dan minta lah kepadaNya. Insyallah itu akan menjawab segala pertanyaan dan menolong kita selalu. karena...dengan beribadah kita akan mendapatkan limpahan keberkahan, baik untuk jiwa dan raga. eaaaa~
  2. MENYIBUKKAN DIRI! Nah! cara ini sudah gue terapkan sejak satu tahun yang lalu dan menurut gue...sedikit berhasil. tapi setelah gue coba praktekan dalam kehidupan sehari-hari gue yang sok-sibuk-itu ternyata masih bisa melawan rasa kepikiran itu sendiri. se sibuk apapun kita, ketika kita sendiri dalam kamar, baik itu kamar tidur atau kamar mandi pasti akan kepikiran juga. karena mau bagaimanapun pikiran itu gak bisa lepas (ini kalo untuk gue, semoga kalian gak kayak gue yah! merugikan tauk!!!) dan ternyata emang sedikit berhasil ke gue, gue menyibukkan diri dengan cara : Pulang lewat jam 9 malam! karena menurut gue pas nyampe rumah gue hanya perlu mandi/ganti baju, menyiapkan peralatan kuliah buat besok, sedikit mereview materi kuliah pada pagi-sore hari dan akhirnya tidur! fualaaaaa. tapi emang sebelum tidur ada drama2 tentang pikiran itu sendiri. skrg tinggal kalian modifikasi sendiri bagaimana cara menyibukkan dirinya. kalau gue itu tipekal orang yang seneng banget tuker fikiran, ngobrol atau bahkan baca2 buku (jangan baca buku yang mancing fikiran itu keluar lagi! jangaannn!!!) mengikuti organisasi atau kegiatan yang membuat lo akhirnya jadi lupa sama hal2 gak penting itu dan nongkrong bareng temen. baik itu makan atau cuma sekedar ke kosan/asrama. this is very helpful apalagi ketika lo lagi DOWN! karena...temen emang paling bisa daaaahhh~
  3. JANGAN BUKA HP TERLALU SERING! Gue pernah menerapkan ini, dan menurut gue berhasil. karena...semua itu berawal dari ke-kepo-an kita terhadap hal2 tersebut, akhirnya lo jadi sakit hati atau bahkan galau bukan meong. jadi penyakit hati. mending jangan deh. bagaimana caranya lo gak ngeliat hp? kalo penting gimana? gue rasa kalian bisa menilai itu sendiri. kalian bisa tau kondisi dimana emang urgent atau kalian lagi bosen dan akhirnya kalian buka hape sampe berjam-jam begitu. sebenernya gak salah main hp, asalkan lo gak mancing ke-kepo-an lo itu. karena itu ujung akaaarrrr banget. lebih baik jangan. lo kalo udah sibuk atau lo lagi sama temen dan keluarga, sebisa mungkin jangan buka hp. jangan sekali2 coba mancing pikrian itu keluar lagi. manfaatkan moment itu dengan sebaik mungkin.
  4. CERITA KE TEMEN/KELUARGA! Gue tipekal orang yang lebih suka cerita ke temen. karena...gue malu kalo sama keluarga. apalagi sama bonyok gue. even mereka suka nanya like "Kamu sama si A masih gak? Apa kabarnya dia? Kayaknya udah gak bareng2 lagi ya?" disitu kadang gue suka bingung harus jawab apa, tapi Alhamdulillahnya bonyok gue SUPER NGERTI kalau gue udah jawab 1x aja mereka kayak udah puas dengan jawaban gue dan gak ada yang perlu ditanya lagi. gue agak pemalu kalo cerita ke bonyok soal kisah cinta gue. even gue yakin mereka bakal dengan senang hati. kadang bokap gue suka mancing sih kalo kita lg berduaan di mobil. cuma...gue tetep malu. tp bokap gue itu orang terhebat gue rasa. dia bisa tahu kondisi hati anak gadisnya ini HAHAHAHA. super dad!
  5. FOKUS KE MASA DEPAN LO! Sebenernya yang ini agak...gimana gitu. soalnya kita seakan2 disuruh menata masa depan yang cerah, dunia akan hancur kalo kita stuck di pemikiran yang bikin kita sad terus. gak gitu juga sih kalo menurut gue. dari beberapa sumber yang gue tanya, mungkin yang di maksudnya oleh mereka adalah ya balik lagi ke point yang pertama. gak beda jauh. kan kita menyibukkan diri bisa segala macem, ya contohnya fokus ke pekerjaan atau pendidikan kita. jangan terlalu berasumsi bahwa kita gak mampu, gak bisa dannn segala macemnya. karena di luar sana masih banyak yang harus kita explore baik itu pengalaman atau orang yang belum kita kenal. tapi kalo gue ya, gak tau kenapa lebih suka explore pengalaman. gue mungkin bsia dibilang sebagai makhluk yang kurang suka kenalan sama orang lain, takut membuat kesan yang kurang menyenangkan dimata orang tersebut. karena, gue orangnya boring and a little bit sok asik sih. even banyak temen2 gue bilang kalo gue tipekal orang yang sering nyari topik pembicaraan atau buka topik yang kadang skrg susah dilakukan sama org jaman now *sombong banget* but honestly, fokus yang ini itu bisa jadi kita menekuni sesuatu yang kemarin2 tertunda atau bahkan kurang produktif. sehingga siapa tau kita bisa jadi lebih produktif atau semakin bagus kinerjanya. kenapa harus takut mencoba?

      Tapi, dari banyak solusi atau saran dari orang lain yang gue terima. ada salah satu orang yang mengatakan bahwa kita harus Travelling. tapi sendirian. why? kalo gue pernah mencoba itu, gue merasa banyak introspeksi terhadap diri sendiri. berkaca. melihat ke sekeliling kita. dan disitu juga ucapan rasa syukur terhadap kehidupan yang kita miliki kita panjatkan. dan gue setuju dengan saran temen gue itu. tapi balik lagi ke individu masing2. ada yang gue suruh coba gitu, dia malah makin galau atau bahkan makin kepikiran. gue merasa dia kurang menikmati perjalanan sendirinya itu. lebih ke arah mikirin permasalahannya. coba deh, kalau kita lihat ke sekeliling, kita tukar cerita dengan orang lain insyallah kita jadi lebih tenang dan positive minds.

   Mungkin itu aja yang bisa gue sampaikan atau gue curahkan. terima kasih atas kerjasama kalian untuk membaca postingan gue yang super-sok-tahu ini, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa menjalani hari tanpa beban, tanpa rasa makhruh. karena semua itu sudah ada yang mengatur, Allah SWT.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Komentar

Postingan Populer