Berat Badan...?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Selamat...sore semuanya. karena menurut gue ini masih cukup sore, baru aja adzan Maghrib. Gimana kabarnya? sehat kan? Alhamdu? Lillah....

BAIKLAH! TANPA BASA-BASI KARENA BASA-BASI UDAH KELEWAT BASI, LANGSUNG AJA YUK CEKIDOT KITA BAHAS....BERAT BADAN! *DUAR!*



Biasanya sih ya, perempuan mostly paling sensitif kalo ditanya soal...

"Kamu berapa sih berat badannya?"

Bener ga? kalo gue...kadang jujur, kadang ngga. tergantung lawan bicara gue siapa. karena gak semua orang reaksinya sama, ada yang bilang "Waahh, segitu mah udah pas atuh. kamu kan tinggi." atau ada juga yang reaksinya lebay kayak se akan2 abis ketemu dugong gitu "IH SUMPAH LO SEGITU? ANJ** GEDE BANGETT!! EWHHHH GEMBROT LO!!!" nah yang kayak gitu kita doain aja semoga mereka juga bisa merasakan apa yang kita rasakan kalo kita digituin orang...karena...gue sih jujur aja ngerasa sakit hati gituh. karena se akan2 gue tuh kalo makan membabi buta atau bahkan gue kayak rakus banget gitu loh...


Well, mari kita bahas kenapa bisa sih ada orang yang berat badannya gampang naik-turun atau susah untuk naik-turunin berat badannya?


Menurut ilmu yang gue dapet, Berat Badan kita itu sebenernya paling banyak di dominasi oleh AIR. jadi belum tentu juga orang yang minum banyak badannya gendut, gak juga. gue punya temen, kalo minum air itu termasuk banyak lah, tapi berat badannya statis, segitu-gitu aja. atau ada juga orang yang badannya kurus karena makannya sedikit, ya ini belum tentu juga. soalnya jujur aja gue makannya sedikit tapi buktinya badan gue bisa gampang melar dan gampang ciut juga. ini sebenernya balik lagi sih ke pola hidup kita, atau bisa juga riwayat keluarga kita. bisa jadi juga ada beberapa faktor yang bisa membuat kita jadi gemuk. contohnya aja deh. gue punya tante, tante gue ini dulu mengkonsumsi obat untuk program hamil lah. bukan pil KB loh ya. tapi medikasi program hamil, pas dia berenti mengkonsumsi obat itu, BB nya langsung naik drastis. dari yang 50kg skrg malah jadi sekitar 60an. nah berarti disitu gue bisa menyimpulkan, BB naik itu gak selalu karena pengaruh makanan, tetapi lewat medikasi juga bisa.

Terus ada juga karena emang keluarga dia itu basically besar-besar. ini kalo di dunia Keperawatan emang penting banget pas kita lagi wawancara untuk mendapatkan Data Subjektif (atau data pasien lewat ngobrol baik informasi dari keluarga atau dari pasiennya) menanyakan bagaimana pola diet dalam keluarga? atau pernah obesitas atau ngga? karena emang ada beberapa yang keluarganya besar-besar, maka anaknya berpotensi besar2. ya gimana gak gede yah, wong kerjaannya makan mulu-_-

Bisa juga kalau masih kecil itu karena makanan yang diberikan oleh orang tuanya. FYI, kalian tau kan susu pedia*ure? ITU BUKAN SUSU LOH YA! tapi itu adalah makanan. jadi bagi anak2 yang SUSAH MAKAN, pasti disarankan mengkonsumsi itu. karena ITU BUKAN SUSU FORMULA! tapi MAKANAN! karena menurut survey saya, anak2 yg mengkonsumsi itu BB nya lebih naik di antara anak2 yang sufornya bukan menggunakan pedia*ure. balik lagi ke pola asuh dan pengetahuan kesehatan orang tuanya.


Ada yang bilang juga, kalo orang gemuk itu tandanya sehat. eits! kata siapa cuy? justru rata2 sumber penyakit itu dari badan gemuk. tapiiiiiii, badan gemuk yang gimana dulu? yang malas untuk bergerak, malas untuk melakukan ADL, maunya yang serba instan termasuk makanan. dan disini...balik lagi ke POLA HIDUP!


Sekarang nih, banyak org yg ngeyel kalo dikasih tau soal kesehatan dan segala macemnya, mengatakan bahwa "Semua itu ada ditangan Tuhan." itu namanya TAKDIR, nah kita udah dikasih sama TUHAN, masa iya mau menyia2kan? YOLO cuy! bukan berarti kita pasrah toh? balik lagi ke diri kita masing2, kepercayaan kita masing2, dan juga pasti setiap orang yang mengingatkan kita itu berarti sayang sama kita, menginginkan kita supaya baik2 saja. manfaatkan hidup selagi masih bisa deh.


Oke, back to the topic soal berat badan yang begitu sensitif banget kalo soal ini. dulu, pas tahun 2011 gue mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis. dari 53kg jadi 70kg. banyak gak tuh? Sedikit cerita, gue pernah mengkonsumsi obat2an yang menurut gue bisa dijadikan sebagai obat kurus lah ya, dan ternyata bener aja. dalam kurun waktu cuma 4 bulan BB gue sudah turun drastis, langsung 58kg. tercengang? saya apalagi lebih tercengang pas nimbang. mulai ngerasain kurus itu pas baju kerasa gede semua. gue karena mengkonsumsi obat itu bener2 ngga makan sama sekali, laper tapi gak tau kenapa impuls dari lambung yang dikirim ke otak itu mengatakan bahwa gue gak usah makan, besok aja. jadilah gue selama 2 bulan terakhir hanya makan 1x dalam sehari, itu juga makanannya gak sehat. makan warteg se adanya pisan lah. gue pas lihat foto jaman dulu tuh kayak...

"Ih ini gue? cungkring amat" karena emang se kurus itu, badan gue gak seger lah ibarat kata mah. peyot kayak lansia. gue sangat tidak merekomendasikan kalian kalo mau kurus dengan menggunakan obat2an atau dengan suplemen itu. karena...body needs more, not less. Beda ceritanya kalau kalian mau ganti pola makan, jadi mengkonsumsi sayur2an atau buah, TAPI...perlu loh ya untuk mengkonsumsi Karbohidrat, karena itu sumber energi kita!


alhasil, badan gue kembali menjolak naik jadi 67kg!!! ini sangat memalukan dunia keluarga gue! badan gue back to seperti emak2, gue akuin karena pola makan gue naik setelah gue stop mengkonsumsi obat tersebut. jadilah gue menguruskan badan lagi. dalam waktu 6 bulan gue PURE MAKAN MAKANAN NORMAL! cuma...gue olahraganya banyak banget, setiap hari olahraga. kecuali kalo lg datang bulan, gue stop karena ngeri aja gitu. gue selalu olahraga sekitar 1-2 jam. GAK NGE GYM! cuma Cardio aja di kamar. atau bahkan lari keliling komplek gitu. pokonya home workout gitu lahhhh, kan lagi ngetrend juga tuh sekarang. sebenernya gue tidak mempermasalahkan pola makan kalo lg diet sih, karena kebutuhan orang beda2. jujur aja untuk diet itu emang mahal. apalagi kalo kalian pake gym segala, bagi yg duitnya pas2an mending jangan deh. kasian. jadi kita seadanya aja. sederhana aja. tapi kalo mau gym ya monggo, silahkan aja. enaknya pake trainer karena biar kita dibantu dan ada penyemangatnya. setelah badan dari 67kg turun deh dalam waktu 6 bulan itu sekitar 59kg. Lama? emang! karena gue makannya biasa aja. alhamdulillahnya gue suka banget sayur, dan kurang suka ayam. jadi gue ganti ikan. buah juga setiap hari. gue termasuk orang yang pembakaran lemak dan kalorinya lama, jadi easily to gain weight.


So, bagi kalian yang mau coba2 ngurusin badan tapi ragu dalam keuangan ya coba aja mulai atur pola makan. kalo gue dulu makan nasi itu cuma 1x dalam sehari, dan pokoknya harus ada SAYUR! hidup tanpa sayur itu...hambar buat gue. GAK BISA! terus juga syaratnya adalah BANYAK GERAK! kurangin deh yang namanya makan junk food, kalo mau masak aja atau beli makanan yang emang dimasak langsung gitu. terus jangan MAGER. kalo mager, yaa gimana mau ada pembakaran lemak dan kalorinya? Bismillah, bulatkan niat kalian. karena jangan setengah2. kalo yang muslim, coba puasa aja. tapi buka puasanya juga jangan makan Ayam Gepuk pak gembus, sama juga boong ye. jadi coba aja di atur pola makan sama ADL nya yaa. insyallah bisa! jadi semua itu gak perlu mahal2, kalo ada niat mah pasti bisa! 


SEMANGAT!!!
*bonus pict aku yah, biar semangat!*
2011-2017

Komentar

Postingan Populer