"Kuliah Keperawatan itu ngapain aja sih?"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


     Hai...Apa kabar? bosen ya? yaudah nikmatin aja kebosanannya...semoga menjadi berkah (?)
Anyway...kemaren waktu pas lagi kumpul sama temen2, ada yang nanya "Lo tuh kuliah belajar apa aja sih?"

kita bikin semacam Q&A aja kali ya? boleh boleh boleh....
gue rasa 5 pertanyaan cukup deh...
*gila, gue sok artis banget*


  1. Q : Kuliah keperawatan itu kayak gimana sih cara belajarnya?
  • A : Baiklah, Bismillah ya saya jawab. jadi gini...untuk kurikulum sekarang agak berbeda dengan kurikulum yang dulu. alhamdulillahnya gue ngikutin kurikulum yang dulu. karena gue NGGA KETEMU sama fisika, kimia dll gitu lah. jadi waktu semester 1-2 itu cuma belajar ibarat kata tuh sejarah keperawatan. macam kode etik, terus komunikasi keperawatan, sejarah nightingale, terus pas semester 2 mulai belajar pemasangan kateter, pemasangan infus, perineal hygiene, nebulizer, NGT, posisi dll. jadi udah mulai praktek lah. daaannn di semester 3-7 itu sudah masuk belajar ke sistem BLOK. Apa itu sistem blok? jadi gini gengs, gak cuma anak kedokteran aja yang belajar Anatomi Fisiologi atau belajar Diagnosa penyakit. keperawatan juga. tapi bedanya pada saat diagnosa itu, kita pakenya Hierarki Maslow (kalo yang gak tau, silahkan browsing gpp. banyak di gugel. di singkatnya sih Kebutuhan Dasar Manusia) nah perawat tuh begitu, nentuin diagnosanya beda sama dokter. kalo dokter kan sifatnya Curing, kalo perawat itu sifatnya Caring 👍 jadi sistem blok itu kita belajar tergantung SKS nya berapa, kalo misalkan 5 SKS berarti selama 5 minggu kita belajar itu teruusss. setiap hari. tapi di selingin sama mata kuliah yang lain atau mulok lain. jadi dalam 5/7 ada muloknya juga. terus kita belajar misalkan Cardiovascular System (kalo orang awam bilangnya jantung lah) nah kita mulai belajar dari pembentukan jantung sejak embrio sampeee ke lansia, terus bagaimana mengatasi masalah pada orang dengan penyakit jantungnya. belajar penyakitnya, perawatannya dan juga belajar mulai dari Anak2 sampaaaiii Lansia. seru loh. pengobatannya juga belajar. cuma ya begitu, dalam sistem Blok, berarti UTS dan UAS nya ya masuk dalam 5 minggu itu, begitu juga dengan OSCE nya (osce itu ujian Lab lah), belom lagi kuis, tutorial (kerja kelompok), pleno (membahas kasus di tutor) daaaannn lain2. belom lg presentasi. tapi itu semua terkait dengan sistem apa yang lagi di pelajarin. alhamdulillah udah ada beberapa sistem yang sudah terlampaui. Cardio, Pernafasan, Hema-Imun, Perkemihan, Pencernaan, Neurobehaviour. skrg lagi sistem Muskuloskeletal, terus nanti akan masuk sistem Integumen dan Sensori Persepsi. tapi so far so good sih. ada beberapa nilai yang cukup memuaskan, ilmunya juga bermanfaat banget (apalagi pas lg nonton film atau drama yang berbau kedokteran, jadinya udah tau duluan hehehe)
2. Q : Kalo belajar modelnya gimana tuh? terus OSCE nya gimana?
  • A : Cara belajarnya sama kayak yang lain sih, presentasi gitu dosennya. yaa di php in dosen, terus ada LAB nya juga, belajar nge lab. yaa kayak biasanya aja gimana. nah OSCE nya itu bikin deg-degan, dan biasanya OSCE gak sesuai jadwal karena emang jadwalnya berantakan. udah gitu OSCE itu ada gelombangnya juga. jadi misalkan kelas gue yg totalnya ada 56 mahasiswa nanti bisa dibagi 3 gelombang untuk ujiannya. karena nanti ada masa karantinanya gitu, biar soal-soalnya gak bocor ke orang yang belum masuk. misalkan, absen dari 1-15 masuk dulu, nanti di dalem ruang OSCE itu dibagi jadi 15 station, nah setiap station itu beda2 tindakannya, ada yang diperintah untuk masang alat atau tindakan dan ada juga yang suruh ngerjain soal kayak bikin asuhan keperawatan atau askep dan nentuin diagnosa mana yang utama atau mengancam. ada station untuk istirahat juga. nanti kalau yang gelombang 1 udah selesai, masuk yang gelombang 2. tapi yang gelombang 1 di karantina dulu baru boleh pulang. seperti itu. setiap station itu dikasih waktu, misalkan cuma 5-7 menit, nanti ada yang kasih aba-aba kalau waktunya mau abis atau udah abis, nah selesai tu ganti ke station berikutnya sampeeee selesaiii.
3. Q : Terus perawat tahu semua jenis penyakit dong? menjanjikan ya kerja perawat?
  •  A : Iya, perawat akhirnya tahu jenis penyakit. karena bagaimana kita bisa memberikan asuhan keperawatan kalo kita ngga tahu apa dasar penyakit dan keluhan utamanya? jadi...perawat harus tau segalanya dan menyembuhkan secara holistik. baik bio,psiko,sosio dan spiritual
4. Q : Waktu itu dinas di RSJ juga ya? gimana rasanya? dan gimana kesannya?
  • A : Iya dongg pernahhh. tapi sayang, cuma 2 hari aja karena waktu itu kepotong libur. udah gitu dinasnya pas bulan puasa. banyakkkk berkahnya. banyak belajar disana. tapi belajar bukan cuma fisiknya aja, tetapi kebersamaan, cinta, menghargai, menyayangi dan kepercayaan. gue jadi sadar banyak disitu. setiap gue PK (Praktek Klinik) pasti punya kesan masing2. ada duka nya juga. tapi rasa paling seneng itu ketika pasien dan keluarganya senyum sama kita. mereka ngucapin terima kasih, gatau kenapa walaupun bukan gue dokternya atau perawat yang kerja disitu, tapi gue seneng aja kalo ngeliat pasien gue sembuh. ngeliat pasien gue bisa ketawa, bisa menguntungkan dia, itu buat energi gue ke charge kembali. emang gue gak di gaji disitu, tapi pengalaman kehidupan yang gue dapet, belum tentu di dapet dari orang yang magangnya di gaji. so this is very prestige more than anything. anehnya gue, kenapa gue malah gak mau kerja di rumah sakit lama2 yaa? wkwkwk😹 tapi mau apapun pekerjaan kalian, you must be enjoyed it koks. dan emang harus. 
5. Q : Apa goals lo ketika masuk jurusan lo yang sekarang?
  • A : Goals gue...gue pengen jadi asisten medikal bedah. gue pengen gitu masuk ruang bedah, ngeliat dan bisa berperan disana. kayaknya bedah2 gitu seru deh. tambah lagi sekarang lagi ada drama korea judulnya Hospital Ship, disitu gue ngeliat dokter bedah sama perawat bedah, semakin kepinginnnn. tapi gue juga gak mau buat laporan keperawatannyaaaaa. huaaaa. yaaa begitu dehhh. mau jadi dosen juga. mau kerja di luar negri juga. banyak lah. selagi gue bisa dan gue yakin, insyallah terwujud. pokoknya mimpi setinggi mungkin deh, jgn mau dikatain orang gak mampu dan segala macemnya. karena yang mereka liat itu kan cuma luarnya aja bukan dalemnya. setiap orang punya bakat dan jalan hidupnya masing2, jangan ambil pusing aja. selama kita gak rugiin orang lain, kenapa kacang? (re: why nut? dibaca kayak biasa aja why not?)

    Sekian yaaa Q&A tentang kuliah keperawatan dan bagaimana pandangan gue terhadap keperawatan. semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada salah kata. tetap semangat dalam menuntut ilmu ataupun bekerja. inget aja apa tujuan kalian melakukan hal itu. insyallah berkah dan bermanfaat. inget, IKHTIAR DAN TAWAKKAL!


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Komentar

Postingan Populer