Mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Hai semuanyaaa!!!!!!!!!!!!!!!
*KRIK*

Hai semuanya, perkenalkan nama gue Egyp Ramadhani. biasanya seneng pake banget kalo dipanggil Ejip. karena...Egyp juga gak apa-apa sih, no problem. feel free aja ya.

well, gue kayak ketinggalan banget gitu gak sih bikin blog? hahaha tapi its okay, seenggaknya gue 'Mencoba' even gue juga yakin sih yang baca itu pasti :
1. Orang Gabut
2. Temen gue sendiri yang ngerasa "baca deh, kasian juga..."
3. Fans gue (tapi ini serius deh, gue ada fansclub kok)
4. Kepo dengan kehidupan gue, well HI STALKERS!

Tenang! gue tidak akan membahas seseorang baik itu laki-laki ataupun perempuan, karena gue takut merasa ada yang terintimidasi dan akhirnya jadi berantem lalu gue musuhan dan akhirnya gue dibenci siapapun. dunia memang selucu itu bozt.

Jadi begini ceritanya. gue mau mulai cerita gue sebagai Mahasiswi. FYI, gue SMA tub lulus tahun 2014. which is yang emang harusnya gue lulus next year bareng dengan kawan-kawan yang lain. BUT, gue memilih untuk Rehat sejenak. melupakan hal-hal yang sudah membuat gue stress since first 2014. yha u kno, kalo kalian angkatan 2014 SMA nya pasti ngerasain yang namanya UN paketnya beda-beda setiap temen sekelasnya. well, gak cuma karena UN, karena gue emang merasa UN itu udah dijamin pasti ya LULUS SEMUA! u gusy don't have to worried about that. karena masih ada paket C coyyy. so, lets talk about "College Life"

"Tapi perasaan semua orang udah banyak deh yang bahas tentang College Life"
Ya betul, tapi pasti di antara mereka itu kuliah di kampus bergengsi, ya entah di Dalam Negri atau di Negri Orang Lain, which is kalo menurut gue "Lo kuliah di tempat yang orang2 bakalan jamin kalo lo sama kayak mahasiswi/mahasiswa yang lain" no offense, tapi pandangan orang tuh rata2 begitu. kayak seakan2 tuh satu kampus itu mahasiswa atau mahasiswi nya itu 11:12 semua. kenapa bisa begitu? karena...emang begitu alamnya. mereka pasti sama semua. even gak semua, tapi mereka memiliki BANYAK kesamaan. entah sama2 anak orang kaya, sama2 orang pinter, sama2 anti-social, sama2 APATIS, atau...sama2 santai. semua itu pasti sudah di fikirkan matang2 sama mahasiswa tersebut, mereka bisa mengukur kemampuan kompetensi nya masing2. makanya mereka memilih itu, betul tidak? *eh gak taunya salah*

gue juga punya lumayan banyak temen, yang kuliahnya di berbagai pelosok indonesia atau bahkan berbeda jurusan. tapi majority mereka kuliah di kampus yang sama, gedung yang sama dan fakultas yang sama. dari beratus2 temen SMA gue, yang berani ngambil langkah untuk beda dari yang lain baik secara Kampus, Fakultas ataupun Pengalamannya itu bisa kehitung jari. TAPI...bukan berarti mereka memilih zona aman sih, lebih tepatnya mungkin "Yang ada aja lah, toh juga gue ada keterbatasan." just that. sekali lagi, saya mohon maaf kalo ada yang tersinggung *dilempat p

OKE! Langsung saja saya curahkan cerita ini fresh from my heart. ea....

*wawancara dengan orang lain*
OL : Orang Lain
G  : Gue

OL : kuliah apa?
G : Keperawatan hehehe
OL : Oh, akper ya?
G : Bukan, saya S1
OL : ada ya s1 nya?
G : Ada hehe
OL : kenapa gak ambil Kedokteran aja?
G : waktu itu udah coba, tapi ngga lolos uji seleksi, terus waktu itu juga ada opsi lain kalo gak keterima kedokteran, ambil deh keperawatan.
OL : Ih! kenapa gak Bidan aja?
G : jujur aja, saya lebih srek perawat. lagi pula juga nanti bisa ambil spesialis lain, kan gak beda jauh juga sama kedokteran
OL : Iyasih...tapi....
G : *berusaha nyimak, karena org ini kekeuh kalo gue disayangkan masuk Keperawatan*

Apakah diantara kalian (terutama yang ambil fakultas keperawatan) pernah diginiin sama orang lain? mereka nanya "Kenapa ambil fakultas blablablabla?" gue gak kesel sih sama orang yang begini, cuma mungkin aja mereka kurang paham atau mereka masih ngerasa ilmu kuliah tuh itu2 aja. padahal sekarang udah banyak banget. kan Fakultas Kesehatan itu gak cuma Kedokteran atau bahkan Bidan toh? banyak kan selain itu? ada Kesmas, Kesling, Farmasi, Fisioterapi, Analis, Ahli Gizi daaannn yang lainnya. 


Balik lagi kesini, gue sebenernya dibilang nyesel apa ngga...biasa aja sih. emang gue belum nemu passionnya, belum ketemu sama titik dimana "Gue harus kerja di Rumah Sakit" karena gue kenyataannya gak mau juga kerja di RS selama itu, gue selalu liat suster2 atau para tim kesehatan yang ada di RS, dia mengabdikan hidupnya di tempat itu berpuluh2 tahun, sedangkan gue merasa "Kayaknya gue gak bisa nih begini, kerja di RS selama itu."

"Terus kenapa pilih perawat jip?"

Well, gue melihat track record dulu2, gak ada yang ambil perawat. even keluarga gue pun gak ada yang perawat, hampir rata2 itu kalo gak Dokter, Teknik, Guru. udah. yaa walaupun ada juga sih beberapa yang ambil kuliah jurusan ekonomi ataupun sastra. disini gue di tekankan banget sama bokap gue bahwa "Sayang deh kalo kamu ambil kuliah fakultas IPS gyp, kamu kan dulunya IPA. toh juga emang kamu bisa ngitung?" jawabannya....NGGA! 

setelah gue kulik2 selama satu tahun...gue menemukan ya ini. Fakultas Keperawatan. waktu gue SMA dulu, gue sama sekali gak kepikiran untuk kuliah ambil jurusan ini. ya waktu tes IQ gue emg disarankan kalo gak ambil Komunikasi, Ilmu Kesehatan atau gak Sastra. pokoknya gak boleh deh ketemu hitung2an berat, apalagi katanya gue itu orangnya gampang bosen sama pekerjaan sendiri, sukanya explore. tapi gue juga bukan Dora yang demen banget explore gitu. gue kadang juga butuh waktu yang namanya "MAGER"

gak sedikit juga yang nanya "Emang ada yah keperawatan S1?" yaa ini buktinya ada. boleh gue menyombongkan sedikit? jadi Fakultas gue itu Akreditasinya A. Universitas Swasta dengan AKREDITASI A, setara dengan UI. dan usia fakultas gue juga udah TUA! bayangin, dosen gue yang sekarang udah jadi WADEK 1 itu juga alumni Fakultas gue. jadi FIK UMJ gue itu gak beda jauh lah sama FIK UI.

- Bagaimana dengan kualitas dosennya?
Jujur...enak. tapi...ada gak enaknya juga. yaa ini semua tergantung dari individu masing2. ada yang suka sama dosen santai, ada yang suka sama dosen killer dan ada juga orang yang lebih suka diajar sama dosen luar (alias Dokter) alhamdulillahnya di Fakultas gue juga dosennya dari Dokter. 

- Belajarnya enak gak?
ENAK BANGET! Lo tuh belajar anti-mainstream banget deh. jujur. kayak lo belajar Anatomi Fisiologi makhluk hidup, jenis2 penyakit, jenis obat2an dan lain2. gue juga dapet pelajaran Agama, Komputer, Biostat dll.

- Tapi Universitas lo kan gak bagus jip!
Yaaa, emang kalo univ gue B aja kualitas mahasiswa/i nya juga B aja yah? gue pernah dikasih tau sama bokap gue, waktu itu gue inget banget gak keterima SMP negri di jakarta, karena nem gue emang pas2an. gue itu bukan anak unggulan lah, gue cukup aja. cukup bikin maluuuu.
jadi bokap gue bilang....

"Biarlah kamu di tempatkan di tempat yang biasa2 aja, tapi kamu menjadi orang yang luar biasa dalam hal apapun, bahkan semua orang mengenal kamu dengan baik di tempat tersebut. dari pada kamu di tempat yang LUAR BIASA tapi kamu hanya jadi orang biasa2 aja, orang yang kenal kamu juga orang2 biasa aja, bukan orang luar biasa. kamu cuma dikelilingi orang luar biasa. tapi bukan kamu orang luar biasa itu."

disitu gue mulai sadar bahwa gue harus bisa melambungkan nama gue setinggiiiiiii mungkin. gue harus bisa menjadi contoh yang baik buat disekitar gue, gak nyusahin orang lain, gak bikin orang dengki sama gue (tapi setiap org pasti punya sisi negatif kok, ada aja pasti deh yang ngga di suka. but u have to face it!)

- Terus lo mau jadi apa nanti?
Gue mau jadi...untuk saat ini gue ingin jadi Dosen di univ mana pun. gue mau berbagi ilmu. atau bisa jadi emang menjadi guru itu udah mendarah daging di diri gue. karena...dilihat dari track record keluarga gue, rata2 itu emang jadi guru. dan gue merasa senang aja disaat gue bisa berbagi ilmu dengan yang lain. gue merasa bahagia, iya se bahagia itu berbagi ilmu, berbagi pengalaman. asalkan gak bagi makan, gue pelit bgt kalo soal makan sumpah.


- Emang perawat bisa sampe S3 ya?
Oh, bisa dongggg. ada spesialisnya juga. spesialis anak, medikal bedah, maternitas, komunitas, jiwa. gue kepengennya sih ambil medikal bedah, soalnya....seru ajah hehehe, walaupun gue tau itu paling susah. ehm...

- Kuliahnya pake seragam dong?
Alhamdulillah...ngga pakeeee hehehehe. akhirnya gue lepas juga pake seragam. tapi kalo lagi PKL atau kerja nanti yaa pake seragam atuhhh


- Apa yang lo rasain kuliah di keperawatan?
Yang gue rasakan itu...kalo kuliah ya sama aja kayak yang lainnya. ngerjain tugas, capek, rapat organisasi, kegiatan organisasi, masuk pagi, pulang malem, tidur sedikit, makan mulu (?), duit abis yaa semuanya normal lah kayak mahasiswa/i yang lain. cuma bedanya gue gabisa beli alat2 make up, duit gue abis buat beli Alat kesehatan kalo gak yaa buku gitu. yang feel paling dapet itu kalo udah PKL. gue bisa ngerasain bener2 yang namanya interaksi sama orang lain. mulai dari kalangan atas, sampe kalangan bawah. mulai dari yang waras sampe yang gak waras. semua udah gue coba, dan rasanya...Bangga. rasanya, Seneng. seneng dan bangga yang jadi satu ngelihat senyum mereka. terima kalo diomelin pasien/keluarganya. semuanya kita ambil. mulai dari yang enak, sampe yang gak enak. ngerasain gabisa duduk berjam2. sekalinya nemu kursi itu surgaaaa banget. gabisa tenang karena pasien pencet bel terus. pas buka puasa waktu itu, bel kamar lagi rame2nya. ngerasain ngasih makan pasien lewat selang, ngelihat sakaratul maut, alhamdulillah pelajaran kehidupannya banyak.


Semuanya gue lakukan dengan ikhlas, gue menikmati setiap detik yang gue habis kan di kampus ataupun di RS. karena bagaimanapun itu adalah pilihan hidup gue, pilihan gue hednak jadi apa, pilihan gelar apa yang akan gue taruh di nama gue nanti. semua sudah diatur sama Allah, Allah selalu membantu gue disaat gue sulit, disaat gue galau, disaat gue membutuhkannya. semua keajaiban Allah itu sungguh nyata dan sungguh besar.

well, bagi kalian yang masih bingung mau ambil kuliah apa. its okay if u want something different form other. karena...u have to try a new one! biar ada cerita beda dari yang lain. biar bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. berbagi dengan yang lain. jangan takut! bismillah itu jalan yang terbaik.


SELAMAT MENCOBA!!!

Komentar

Postingan Populer