Aku Si Tukang Tulis

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


Selamat Malam...


Malam ini, gue ngetik sambil duduk di atas kasur, dengerin lagu yang awalnya buat bahan becanda tapi malah jadi sering gue play...lagunya...coboy junior. W H Y?! karena gue akhir-akhir ini sering liat Iqbaal dimana2. I mean, di IG maksud gue. karena dia lagi promoin film Dilan 1990 kan, jadinya di explore gue sering muncul (so what?) DAN GUE REPEAT DONG NIH LAGU!!! FOR GOD SAKE!! oke, gue gak akan bahas lagu. jadi semalam gue iseng bikin polling soal gue enaknya nulis apa di blog gue. gue baru mulai main lagi blog, setelah dulu zaman gue SMP, zaman gue 4L4Y, zaman dimana ngeliatin blog orang-orang, terus gue bikin sendiri. isinya? ya curhatan gue lah! curhatan bocah SMP kelas 1 dengan b4h45a k3a gEn3H... 9AuL Kh4N w? lupakan...blog itu udah usang, udah gak tau kemana dan bahkan gue lupa dulu nama blog gue apa. pokoknya gue cukup sering curhat di blog gue. mulai keseharian gue dengan temen2 gue, gue dan doi gue (maksudnya doi orang yang gue aku2 jadi doi gue. huft. gue mah gak laku zaman SMP) sampai gue ceritain semua tentang Harry Potter. yes! gue Potterhead!!!



Gue hobi nulis itu sebenernya gak cuma sekedar curhat (kalo ini masuknya ke gue sebagai orang yang extrovert kali ya?) jadi gue mau bahas tentang Hobi Menulis. bukan Novelis ya. tapi Aamiin kalo suatu saat nanti bisa jadi novelis (gue udah bikin cerita sampe ke chapter 3 donggg. cuma gue malu aja mau kirim ke penerbit atau semacamnya. takudddhhhh. huffttt)


Jadi awalnya, gue tuh zaman waktu SMP awal2 punya laptop (laptop bokap gue sih, yang selalu gue pake pas jam 4-5 sore, terus lanjut lagi dari jam 6-7 malem. dulu gue dibatasin main internet. ya abis juga cuma buka facebook, twitter, plurk, blog sama youtube) gue suka iseng-iseng buka word, terus gue ngetik dengan gaya nge-sok gue. ngetiknya sok cepet gitu. apa aja yang gue ketik? macem2! mulai dari gue sok sebagai jurnalis atau semacamnya. tapi gue hampir gak pernah nulis cerita di laptop, gue lebih suka di secarik kertas. 

Waktu gue SMP kelas 2, setiap gue bengong atau setiap gak ada guru yang masuk kelas gue selalu minta kertas kosong atau kertas yang udah gak kepake sama temen sebangku gue (btw nama temen sebangku gue Nadhira, dia hobbynya itu gambar. gambarnya bagus!!) jadi misalkan dia gambar di kertas, kan kertas tuh ada depan belakang ya, jadi gue nulis di sisi yang masih kosong. kadang dia suka kasian sama gue yang suka minta-minta kertas, suatu hari dia ngasih gue buku tulis yang ukuran gede, dia bilang...

"Nih gyp, buat kamu. biar kamu nulisnya disini aja. jangan di kertas lagi. kan sayang kalo kepisah2 kertasnya. nanti setiap kamu tulis aku baca yaaa." dan dia bener2 selalu baca tulisan gue, dia bilang kalo gue suatu saat nanti pasti bisa nulis cerita yang dijadiin buku atau novel, dan dia selalu bilang bagus (kayaknya kepaksa deh, karena dia temen deket dan temen sebangku gue) dan gue akhirnya sejak saat itu jadi nulis terus. Apa sih yang gue tulis? waktu itu gue tulis cerita soal cewek yang punya imajinasi tinggi dan akhirnya dia nulis setiap imajinasi yang muncul di fikirannya ke sebuah buku kecil yang selalu dia bawa kemana2. sampai akhirnya dia masuk ke dunia buku tersebut dan dia mulai enjoy dengan imajinasi-imajinasi yang selalu dia tuang ke dalam bukunya. dia suka tulis lirik lagu, dia suka menggambar dan bahkan dia suka menulis perbincangan orang-orang disekitarnya (mirip alice in wonderland yah?) sayang sekali, buku tulisan gue itu sempet hilang pas gue pindah kamar dan gue temuin lagi pas tahun 2015 waktu gue beres2 di rumah nenek gue bekas kamar gue dulu. jadi sudah hilang hampir 5 tahun dan tentu sajaaaaa....luntur sodara-sodara. gue nulis lumayan banyak, ada kali 20 lembar. LO BISA BAYANGIN KAN 20 LEMBAR DIA BACA ITU DAN GUE TULIS TANGAN? even tulisan gue super jelek, dia tetep jadi pembaca setia gue. bahkan dulu pernah mau collab soal gambar dia dan tulisan gue. i hope someday yaaa nadh!!!


Terus gue masuk SMA, gue gak berhenti nulis sejak saat itu. apalagi gue punya laptop sendiri yang bokap gue beliin (gue belum mampu beli laptop sendiri) cuma yang gue sayangkan, gue sudah tidak pernah aktif lagi di blog. bahkan gue udah gak tau blog gue yang dulu kemana (JANGAN DICARI!!!) sampai akhirnya gue mengalami suatu kejadian yang...LUAR BIASA. yaa standar nya anak muda gimana sih? Jatuh Cinta, Sakit Hati daannn sebagainya. dan akhirnya gue mulai coba nulis lagi. nulis cerita klasik anak SMA yang baru jatuh cinta seumur hidupnya. sounds familiar yah?


Waktu gue kecil, gue suka dipaksa baca koran sama bokap dan Alm.Aki-Ninik gue. jadi mereka mau gue suatu saat nanti bisa nulis artikel atau setidaknya gue bisa ikut ekstrakulikuler Jurnalistik lah. tapi gue gak pernah join ekskul itu, gue anaknya terlalu mager dan terlalu suka di rumah aja. cuma gue gak bisa pungkiri, kebiasaan membaca gue dari kecil akhirnya menjadi buah yang begitu manis buat gue. gue jadi suka baca apapun. baca novel, berita, blog, artikel dan lain-lain. sampe ke Line Today juga suka gue bacain. yang gak gue bisa baca cuma 1. baca takdir! itu emang ketentuan Allah SWT.


Pas gue SMA, gue selalu langganan ke Gramedia. apa yang gue beli? BUKAN BUKU UN atau BUKU PSIKOTEST. gue anaknya gak suka belajar di paksa! gue belajar semau gue, gue belajar sesuka hati gue, pokoknya gue belajar kalo gue mau! jadi gue ke gramed kalo gak beli novel ya beli komik atau beli printilan alat tulis yang selalu menghilang kalo di pinjem ke kawan kelas gue (misteri emang) itu bisa di bilang setiap ke Mall, pasti gue ke gramed. untuk sekarang...gue sudah jarang banget ke gramed. karena emang waktunya yang relatif singkat, biaya kuliah gue sudah cukup mahal jadinya gue gak bisa beli2 barang kesukaan gue lagi (this is so so so sad) dan tentu saja gue mementingkan membeli Alat Kesehatan dan Buku Kuliah yang masaolohhhhhhhhhhhh....printilan kuliah tuh lebih mahal gaes!


Jadi intinya gue tuh suka baca! gue baca, gue jadi tahu dan gue jadi kepingin coba nulis sesuatu yang nanti bisa menghasilkan suatu karya, yaitu...bisa di baca oleh orang-orang. gue tuh pengen banget, hasil karya gue bisa terpampang indah di toko buku. gak usah masuk best seller deh, setidaknya kalo di toko buku itu ada buku hasil karya gue, pasti gue udah senenggggg bangeeettt. 

Semakin kalian banyak baca, kalian jadi banyak tahu. kalo semakin banyak tahu, biasanya gak jadi sok tahu, karena emang tahu!

Baiklah, gue akan sedikit kasih bocoran salah satu...hasil tulisan gue dari cerita yang gue ketik sejak tahun 2013 sampai sekarang udah masuk ke Chapter 3. hope u guys like it!


4 Juli
            “Kamu dimana? Aku udah siap-siap nih.” suara Dhani begitu nyaring di telfon. Dia sedang duduk di sofa nya sambil menaikkan kakinya ke atas meja, yang langsung ditegur oleh Ibu ketika melihatnya seperti itu. Dhani masih menelpon Bagas sejak tadi, memastikan bahwa dia sudah siap berangkat. “Katanya film mulai jam 4, emang harus berangkat sekarang ya?” tanya Bagas. Dhani malah menghembuskan nafasnya yang panjang, lalu ia merubah posisi duduknya menjadi tiduran di sofa. “Salah ya kalo kita jalan sekarang? Kan biar gak kehabisan tiket.”
“Emang yakin bakal habis?” tanya Bagas pelan.
“Pasti habis lah, ini kan film Box Office.”
“Sejak kapan film horror jadi film Box Office?”
“Sejak….”
“…”
“…”
“Hallo?” sapa Bagas dari ujung telfonnya. Meyakinkan bahwa masih tersambung atau tidak. Ada jarak hening sekitar 6 detik diantara mereka. “Tidur?” tanya Bagas. yang langsung dijawab Dhani dengan berdehem. “Yaudah, jalan sekarang. Ya?”
“Aku belum mandi, aku belum makan. Aku kan belum…”
“GAS! INI KAN PUASA! KOK MAKAN SIH?!” suara Dhani naik beberapa oktaf untuk meyakinkan Bagas bahwa ini bulan puasa dan gak boleh makan.
“Ah! Seharusnya kamu jangan ingetin aku. Aku kan niatnya mau saur, biar puasa aku kuat Dhaniiiii.” Suara gemes Bagas akhirnya keluar juga, yang membuat Dhani malah jadi tersenyum-senyum gak karuan sekarang. Dia jadi seperti orang gila. Mereka berdua akhirnya tertawa kecil, yang langsung membuat Dhani salah tingkah bukan main.
“Kamu udah mandi?” tanya Bagas pelan, suaranya begitu lembut.
“Udah, kamu pasti belum.”
“Kok tau?” suara Bagas sedikit meledek, seakan-akan ingin mengajaknya becanda dulu sebelum mematikan telfonnya nanti.
“Kan tadi kamu bilang ke aku.”
“Hebat ya, bisa tau dari aku. Padahal kita kan gak ketemu. Kecium ya baunya sampe sana?”
“Iya, bau iler gitu deh hahaha.” Ledek Dhani, dan akhirnya mereka ketawa. Suara tawa mereka begitu gurih. Tawa canda kasmaran. Entah, apa yang membuat mereka jadi semakin dekat dan semakin hampir setengah gila gini.

“Yaudah, aku mandi ya. Kalo kita telponan nanti gak selesai-selesai.” Ucap Bagas sambil bangkit dari kasurnya, ia baru saja bangun tidur.
“Iya, biar kamu ikutan wangi juga kayak aku.”
“Emang kamu wangi?” tanya Bagas seakan meledek untuk kesekian kalinya.
“Wangi dong. Kan udah mandi.” Jawab Dhani yang sambil mencium baju yang ia kenakan. Memastikan bahwa wangi parfum kesukaannya maish nempel di bajunya.
“Coba ya aku cium nanti, kalo gak wangi dapet hukuman.” Tantang Bagas, ini yang membuat Dhani jadi semakin jatuh cinta dengan Bagas.
“Apa hukumannya?”
“Ehm…apa yaa…” pikir Bagas beberapa detik. “Kalo gak wangi. Nanti di motor harus peluk aku.”
“Yaudah, aku ganti baju yang semalem deh, kan bau tuh gak wangi. Biar aku bisa peluk kamu di motor.”
“Modus ah.”
“Kan biar akrab.”
“Oia, kan biar makin deket ya. Makin direstuin sama Allah.”
“Kan kalo sama Allah gak boleh berdekatan yang bukan muhrim. Apalagi pelukan di bulan puasa. Mana boleh?”
“Kan pelukannya pas buka, boleh dong?”
“YA TETEP GAK BOLEH!” gertak Dhani tapi suaranya masih setengah tertwa kecil, Bagas pun juga tertawa.
           
            Akhirnya mereka memilih untuk menutup telfon. Karena, 30 menit kemudian Bagas datang menjemput Dhani. Hari itu, Dhani hanya mengenakan baju hitam dan memakai rok hitam se lutut. Sedangkan Bagas mengenakan celana jeans dan baju bergaris putih-hitam. Mereka memilih film horror. Nontonnya juga gak jauh dari rumah Dhani, yaitu di PIM 2. Awalnya mereka gak mau nonton film horror, tapi karena Dhani mengatakan bahwa Bagas cemen dan penakut, akhirnya mereka tetap menonton film horror itu. Selama film berlangsung, mereka berbincang sedikit dan akhirnya malah berakhir dengan pegangan tangan. Entah mereka fokus kemana. Tapi yang Dhani rasakan saat itu adalah…nyaman? Dia menyembunyikan senyum kecilnya. Untung gelap. Ucapnya dalam hati, dia sesekali melirik ke arah Bagas, yang ternyata…Bagas juga curi pandang kepadanya. Genggaman itu semakin erat. Hangat.
“Udah buka belum sih?” tanya Bagas pelan di telinga Dhani. Suara nafasnya begitu hangat dan lembut. Dhani melihat layar handphone nya. “Udah, sekarang udah jam setengah 7.” Jawab Dhani pelan, tapi tatapannya lurus kedepan. Bagas hanya tertawa kecil.
“Kamu gak takut?” tanya nya kepada Dhani, yang masih serius nonton.
“Hah? Ngga kok, biasa aja.”
“Masa?”
“Seriusss. Kamu kali tuh yang takut, dari tadi nutupin mata terus.”
“Nutupin mata? Gimana aku mau nutupin mata coba.”
“Loh? Pake ngeles lagi.” Suara nada Dhani naik, tapi masih pelan. Karena takut ganggu yang lain. “Genggaman tangan kamu aja kenceng Dhan, aku kan gak bisa nutup mata kalo tangan aku, kamu genggam terus.” Bisik Bagas lembut di telinganya. Sontak Dhani kaget, lalu mulai melepaskan genggamannya. “Loh? Kok di lepas?” tanya Bagas.
“Biar kamu bisa nutup mata kamu.”
“Gak adil dong, kamu aja gak nutup mata, masa aku nutup mata.”
“Ihhh bawel ya!” gertak Dhani pelan, yang dibalas Bagas hanya senyuman kecil. Tapi tangannya malah di genggam balik sama Bagas. “Diem. Jangan di lepas.” Seru Bagas, sambil ketawa kecil, Dhani hanya mengangguk pelan.

            Setelah film selesai, mereka pun memilih untuk makan di foodcourt, waktu memang sudah  cukup malam. Mereka hanya bertukar cerita, tak ada rasa canggung diantara mereka. Setelah selesai makan, Dhani mampir ke toko roti, untuk membeli lauk sahur nanti.
“Kamu sahur pake roti doang?”
“Iya, emang kenapa?” tanya Dhani, ia masih berdiri di depan kasir.
“Emang kenyang? Mana cuma 2 lagi rotinya.” Ledek Bagas, ia berdiri persis di sebelah Dhani, nadanya sedikit meledek.
“Kenyang dong. DIET BAGAS!”
“Diet mulu. Kurus juga nggak. Pas di boncengin aja masih berat kayak jaman dulu.” Sindir Bagas. mereka mulai melangkahkan kaki ke tempat parkiran motor.
“Kan proses.” Jawab Dhani. Bagas pun mulai menyalakan mesin motornya. IA menyerahkan karcis parkirnya ke kasir.
“7000 mas.” Ucap penjaga kasir.
“Sebentar ya mas, saya tadi punya 2 ribuan kok.” Bagas merogoh saku celana jeansnya, sedangkan Dhani di belakang malah ngedumel karena kelamaan.
“Ish lama. Kamu punya gak sih?” gerutu Dhani.
“Nih ada tuh.” Bagas menunjukkan uang kertas 2ribu dan mengasihnya ke penjaga. “Sabar aja mbak, mau kemana sih? Pacaran di motor itu di nikmatin. Kasian tuh pacarnya di omelin.” Samber si penjaga kasir.
“Tau tuh mas. Setiap hari marah-marah terus. Padahal kan lagi bulan Ramadhan ya. Seharusnya tuh sabar, jangan marah-marah.” Saut Bagas, yang jadi menyerang Dhani. “Makasih ya, mas.” Ucap Bagas, lalu menjalankan motornya.

            Motor itu melaju pelan ke daerah perumahan Pondok Indah. Malam itu Pondok Indah terasa sepi sekali, seakan-akan emang membuat sengaja supaya mereka menikmati perjalanan pulang. Mereka mengomentari rumah-rumah yang berada di sepanjang jalan itu.
“Kamu mau gak punya rumah kayak gini?” tanya Bagas pelan.
“Ehm…mau lah. Tapi mahal kan?”
“Nanti kita nabung buat beli rumah disini.” Ucap Bagas, ia menunjuk salah satu rumah yang arsitekturnya bagus. Pagernya terbuat dari kayu.
 “Kok kita? Ptpt beli rumahnya?”
“Kan serumah. Gimana sih?”
“Serumah? Nikah gitu?” tanya Dhani hampir setengah ketawa
“Iya. Kamu emang gak mau nikah dan berjodoh sama aku?” tanya Bagas, ia juga tertawa kecil.
“MAUU!!!” jawab Dhani antusias. Ia memeluk Bagas dengan erat. Hawa di perumahan Pondok Indah begitu sejuk.
“Aku juga mau. Yuk kita doa. Biar bisa tinggal disini. Semoga kita berjodoh yaa.”
“AAMIIN!!!!” jawab Dhani dengan teriakan pelan.
“Hahahaa AAMIIN!!!” lalu Bagas juga mengucapkan yang sama.
“Anaknya 3 ya!” samber Dhani.
“Wahh, gak kebanyakan?” tanya Bagas, ia sedikit menoleh ke arah Dhani.
“Biar rumah kita ramee.”
“Hahahahaha. Asal bawelnya gak kayak kamu aja ya.”
“Kayak sendirinya gak bawel aja.” Cibir Dhani, tapi pelukannya semakin erat.



SUDAH YAH GAES. ITU MAH FLASHBACK JADINYA HAHAHAHA. C U!!!!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Komentar

Postingan Populer