Hijab

Assalamualaikum wr.wb

Selamat malam. selamat beristirahat dan selamat menikmati waktu yang bisa dibilang adalah waktu yang paling menyenangkan, yaitu waktu untuk diri sendiri. kabar sehat kan? alhamdulillah. semoga keberkahan selalu melimpahi kita semua.

malam ini, kepikiran untuk sedikit ceritain proses bagaimana aku memakai kerudung a.k.a hijab. mungkin ceritanya gak khusus atau gak dramatis gitu, tapi insyaAllah cukup menginspirasi atau hanya sekadar berbagi cerita aja sih. semoga bisa bermanfaat juga. pakai bahasa yang santai dan mudah dimengerti aja kali ya? baeqlah, kita mulai dari beberapa tahun sebelumnya...

Bismillah....

Gue lahir dari keluarga yang dulunya itu bisa dibilang hanya islam aja, gak yang fanatik atau gimana. tapi pas tahun 2008-an keluarga gue sudah mulai menjadi yang alhamdulillah taat pada agama. zaman dulu, mungkin kehitung jari banget ya ibu2 ataupun perempuan yang pakai kerudung. almh.ninik gue pun pakai kerudung juga pas tahun 2000an, lalu diikuti dengan almh.wa ikah dan tante gue (mantunya ninik-aki gue) dari pihak nyokap pun juga dibilang islam banget juga gak. gak yang fanatik banget. gue dibesarkan dengan ilmu agama yang cukup sedari gue TK gue masuk ke TK islam, sedangkan kakak gue masuk ke TK umum di deket rumah ninik gue, kebayoran lama. gue di jakarta timur, jatinegara. keluarga gue juga ada beberapa tokoh agama mulai dari Mamah Dedeh, Adi Hidayat dan lainnya yang gue lupa tapi ya dia cukup terkenal di pondoknya Aa Gym, kalau gak salah fathir atau fatah gue juga lupa. soalnya waktu itu gue masih kecil banget dan terakhir ketemu pas gue SD dong hehehe. tapi gue yang hanya sekadar tahu batasan islam mana baik-buruk, halal-haram, dan lainnya itu masih dibilang miskin ilmu agama. kalau ditanya islam, ya gue islam. tapi basic banget ilmu agama gue. bahkan waktu kecil, gue memakai kerudung aja karena gue emang sekolahnya di sekolah islam. SMP-SMA Muhammadiyah. untuk SD gue di negri. cuma yagitu pindah-pindah karena keluarga gue suka pindah2 rumah bok.

Pada suatu hari, gue pernah nanya sama temen gue waktu gue SMA, dia kenapa milih hijab dan sejak kapan. dia bilangnya santai banget, dari SMP dia udah pake karena ngerasa malu aja kalo ibunya pake, masa dia gak make yakan? disitu gue mulai ngerasa "Ah nyokap gue aja gak make, tp chill aja gitu. yaudah gue chill aja." sampai waktu itu lagi asik ngobrol, temen gue nih nanya "Lo kan udah lama gyp pake kerudung kalo ke sekolah. kenapa gak pake beneran aja?" terus gue cuma ketawa dan bilang "Ntar aja kalo udah punya anak hahahaha." eh terus dia juga jawabnya sambil ketawa "Ya kalo sampai umurnya." ya juga sih....terima kasih ao-amy 😂

Terus gue juga punya temen yang kalo pake kerudung itu suka lepas-pasang. sebenernya jaman dulu tuh untuk yang kayak gini super chill dan biasa aja loh. karena menurut gue wajar aja gitu, coba kalau sekarang? masyaAllah...kok ya bisa? tapi alhamdulillah sekarang temen gue udah mantep banget pake kerudung, bahkan dia yang memotivasi gue untuk menjalankan perintah Allah. gue waktu itu nanya sama dia kenapa dia lepas pasang. dia jawab "biar gue tau rasanya gimana gyp, lepas usia gue masuk ke 17 tahun, gue bakal istiqomah gak mau nyoba2 yang lepas-pasang. karena gue bakal bilang kalo dulu gue pernah coba." baeqlah, bisa masuk akal. dia juga bilang kalau krisis identitas dan juga pencarian jati diri adalah alasan dia untuk lepas-pasang kerudung. dan akhirnya ketika umur dia masuk ke 17th, gue gak pernah ngeliat dia lepas-pasang kerudung. istiqomah sekali, hebat kau se!👍

Kebimbangan gue untuk memakai kerudung gak cuma disitu aja. sering gue dulu suka cerita ke sahabat dan pacar a.k.a mantan untuk memakai hijab. ternyata bener, gue harus siap betul-betul. gue pernah coba-coba pake kerudung pas lagi pergi sama ortu gue (karena mamak w sudah berhijab dan mantep bukan main sampai sekarang. salut sama istiqomahnya dan bimbing gue untuk terus pake mau bagaimanapun kondisinya) dan sejak saat itu keluarga gue juga jadi suka ikut kajian islami dan kegiatan di masjid lainnya. gue suka diajak ke masjid juga. cara pendekatan ke agama islam yang dilakukan nyokap-bokap gue begitu sederhana, suka ngajak ke masjid. pergi ke mesjid2 jauh atau biasanya dibilang wisata religi. awalnya gue risih karena kita kayak cuma sekadar sholat di lain2 masjid dan sekarang alhamdulillah jadi kebiasaan. bahkan udah kangen banget begitu hehehe. karna my abang begitu jauh, jadi skrg susah untuk kumplit bak mie ayam hikz.

Kebimbangan gue muncul ketika gue tes ujian masuk univ di Muhammadiyah Yogyakarta. gue waktu itu gak punya pas foto hitam putih, gue foto lah dan cetak di jogja. tentu saja fotonya gak pake kerudung. daftar tes nya. dan tes. gue kesana diantar oleh sodara dan ketika sampai disana....hanya gue yang tidak memakai kerudung. nekat ya? gila. gue sampai geleng2 kepala karena gak kepikiran untuk pakai kerudung saat itu. akhirnya gue ceritalah ke pacar pada saat itu. dia menganggap itu hal biasa, wajar. dia bilang karena gue gak tau jadi orang2 pun melihat gue juga wajar aja. karena jujur aja, gue bener2 diliatin sama orang2 yang tes disitu juga. gue tes pertama gagal, masih ada 2 kesempatan lagi dong. gue belajar semalem suntuk sambil cerita2 sama dia dan berdoa agar di tes selanjutnya point gue bisa lolos untuk masuk ke kedokteran atau keperawatan. ternyata gue masuk ke jurusan IPS, karna point gue kurang dari 60-90. jauhhhh banget kurangnya. gue sempet mikir, apa ini karena gue gak notice sama perintah Allah ya? akhirnya gue tes di jakarta. kali ini di Univ Muhammadiyah Jakarta, alhamdulillah tesnya pakai kerudung, karena gue akhirnya memantapkan hati gue untuk pakai kerudung. kejadiannya seperti ini....

Malam itu, bulan puasa. disaat gue mau pergi tarawih. udah siap sekeluarga mau jalan ke masjid jami di koatabaru, kalimantan selatan. sebelum jalan, gue naroh mukena di mobil dan nyokap liatlah penampilan gue mau sholat. pake kaos, celana basket dan sendal crocs. padahal nyokap udah pelan banget ngingetin gue untuk pake baju yang sopan dan pantas untuk ibadah.

"Kak, pakai kerudung dong. gak malu mau ketemu Allah kayak gitu doang?"
"Ah, cuma tarawih aja. kan nanti pake mukena."
"Tapi kan, gak enak juga biasanya kalo ketemu bu haji pake kerudung. pake punya ibu tuh, bergonya panjang bisa nutupin tangan. pake celana panjang juga sana. kan ada kemarin baru ibu belikan."
"Ah ribet buuuu."

Gue udah ngomong "ah" berapa kali tuh? dosanya udah berapa tuh? astaghfirullah...maafin egyp buuuu😭😭😭😭😭

Terus tetiba aja...hidung gue langsung mimisan. ngucur dong. nyokap, bokap, abang dan adek gue sampe bengong dan sibuk sendiri ngambilin tissue. aturan tinggal berangkat ke masjid waktu itu, gue, nyokap dan adek gue jadi dirumah aja karena mimisannya parah banget. gue diem sambil duduk, dongakin kepala dan dari hidung gue keluar darah banyak, warna darahnya juga merah terang. kepala gak pusing padahal, gue juga sehat2 aja gak sakit atau gimana. mulai berkurang setelah 10 menitan. ngucurnya bukan kayak deres banget gak berenti2 seperti orang ketembak atau ketusuk. cuma emang darahnya keluar terus. gak yang ngalir hebat gitu. gue diem, nyokap diem yang ngomong cuma tv gue aja karena adek gue lagi nonton paw patrol waktu itu. setelah selesai sholat, bokap gue ngetuk pintu kamar. gue lagi chatan sm pacar dan temen gue. tentu aja ceritain kejadian gue mimisan sebelum berangkat gegara nolak pake kerudung. bokap bilang gue istirahat aja, kalo sakit gak usah dipaksa puasa. yaudah gue istirahat, tp sambil main hp juga dong heuheu. emang gabisa lepas banget dari hp karna org yg gue ceritain juga pada kepo kenapa gue tiba2 mimisan banyak. 

Besok paginya, pas mau sahur. sebelum pintu kamar gue di ketok alias digedor2 bokap gue, gue udah bangun duluan. hebat. biasanya bokap gue kudu ekstra banget buat bangunin gue, cuma pagi itu gak tau kenapa gue bangun sendiri. sahur bangunnya duluan. gue malah yang bangunin keluarga buat sahur. gue diem beberapa detik ngeliat hp, bangunin orang sahur. terus diem lagi. ngeliat langit2 kamar gue yang penuh tempelan glow in the dark, ac kamar gue super dingin pagi itu padahal lagi musim panas di kotabaru, suhunya bisa sampai 35 derajat. gue bertanya sama diri gue "Kenapa sih lo bisa berat banget buat nutup aurat lo sendiri?" terus setelah berhari2 gue cerita dan mencari tahu tentang hukum memakai kerudung dan tentu saja konsul ke beberapa orang dan sodara juga. akhirnya gue memantapkan diri untuk pakai kerudung. bismillah. orang tua begitu seneng bukan main, langsung dipeluk sekeluarga dong huhuhu. sangat bahagia punya keluarga yang selalu support selama itu baik. alhamdulillah. terima kasih yaAllah 😭

Akhirnya gue pun cerita ke sahabat2 dan pacar waktu itu kalau gue mulai memantapkan diri untuk pakai kerudung. saat itu reaksi mereka justru nambah, bukan cuma seneng aja sekaligus juga menanyakan "bismillah ya, istiqomah gak?" gue jawab "bismillah." pacarpun sempet ragu, karena biasanya orang pakai kerudung itu identik dengan religius dan pasti akan sulit untuk melakukan yang seharusnya pacaran seumumnya bagaimana. pandangan orang juga akan bagaimana. dulu orang pakai kerudung gak sebanyak sekarang dan alhamdulillah pengetahuan agama juga jadi nambah sedikit seiring berjalannya waktu, tapi gue pun juga bersyukur selalu dikelilingi orang2 yang gak pernah bosen untuk ngeingetin gue kalo harus istiqomah, mau bagaimanapun keadaannya. pertama kali gue ke jakarta dan gue ketemu temen, pakai kerudung langsung dapat pelukan (ya tentu aja dong dari temen cewek, kalo dari temen cowok bahaya juga ceu!) dan mereka bilang "HARUS ISTIQOMAH YAA!!! AWAS LOO!!! MALU TAU NANTII!!!" gue cuma cengengesan aja, emang watak cengengesan dan ngawur gue kudu dikurangin dikit walaupun gue ngerasa semakin kesini akutu ngawurnya warbiyazah banget ceu! walaupun gue sampai saat ini lebih suka pake kerudung segi empat dan polos2 aja, kurang suka dengan model pashmina yang justru menurut gue lebih ribet. agak kuno juga aku ini. waktu pake kerudung juga terbatas banget bahannya, cuma punya beberapa doang. warna2 dasar banget, dan alhamdulillah sekarang sampe bingung mau pakai yang mana. tapi tetep hitam warna paling aman. sempet beli beberapa kerudung yang lagi hits trs skrg malah jadi jarang di pake heuheu. maaf yah. jadi mubazir deh. gue juga gatau kenapa anti banget kalo pake gak matching gitu, mata gue kayak berlendir aja kalo ngeliat yang gak matching huhuhu. 

Dan emang bener, godaan kita memakai kerudung begitu kuat banget. gue ngerasain pas kuliah. walaupun lingkungan kuliah gue religius, wajib pakai kerudung dan berpakaian yang pantas menutup aurat, tapi tetep aja yah godaan dimana2. gue pikir godaan cuma di pacaran atau kalo lagi pergi sama temen aja, gak cuma itu sih. godaan baju2 lucu yang gak nutup aurat juga ada, godaan untuk lepas kerudung lagi main atau olahraga juga ada (makanya gue olahraga biasanya dirumah aja karena cuma orang2 rumah aja yang tau lepeknya gue gimana heuheu) pokoknya begitu banyak godaan. terus pada suatu hari, gue nanya sama nyokap. adek gue kapan mau dipakein kerudung?

"Ibu biarin dia sekarang gak pakai kerudung. tapi ibu bakal kasih tau nanti dia harus pakai kerudung. pas SD ibu kasih tau."
"Kenapa gak sekarang aja? kan dia juga udah ngerti."
"Biarin aja sekarang. puas2in sekarang. jadi nanti pas gedenya dia gak pensaran lagi. jadi gak lepas-pasang atau bahkan jadi ngelepas kerudung. dia akan tau kalo kerudung itu emang harus dipakai. nanti kalo dia mau lepas kerudung karena beberapa hal ibu tinggal bilang 'kan dulu udah gak pake kerudung, skrg pake dong.' ya kan?"
"Iya juga sih..."

Dan ternyata itu juga cara itu juga dipakai sama ibuk nya kirana-rumaysa. bener juga ya. jadi nanti kalo udah gede dia gak penasaran lagi. bismillah dek, istiqomah yah nanti😊

Bener aja sih, semakin kesini semakin ngerasain nikmatnya pakai kerudung itu. bener2 selain dilindungin, itu juga jadi identitas gue kalau gue seorang muslimah. karna biasanya aku suka disangka bukan orang muslim. skrg pun suka disangka baru mualaf. yaAllah wkwkwk.

Bismillah, semoga setiap langkah yang kita lakukan bisa bermanfaat dan bisa berkah buat kita semua. Aamiin.

Sudah yah ceritanya, mon maap ni kalau panjang. makasih udah luangin waktunya untuk baca atau sekadar pengen tahu aja. semoga bisa menggugah hati klean kalo yang belum pakai atau masih ragu untuk pakai. tenang aja, semua udah di atur sama Allah. gak perlu takut. yang baik, pasti akan selalu dapat yang baik juga. buka berarti gak pakai itu buruk, gak juga. nanti akan tiba saatnya kalian sadar kalau bukan kita yang mulai duluan untuk diri kita sendiri, mau siapa lagi? mau sampai kapan? nunggu apa? dan apa manfaatnya? ini bukan soal menunggu hidayah atau waktu yang tepat. tapi tentang, sejauh mana kalian bisa tau batasan wajar dan tidak wajar dalam agama. setidaknya kalau kalian berfikir untuk menjadi pribadi yang taat agama itu berat untuk urusan duniawi kalian, coba kalian bertanya kepada Allah, apakah selama ini dia berat untuk memberikan segala nikmatnya ke kalian? jangan egois lah, kali2 bagi ke Allah juga, Allah bisa aja suatu saat nanti iri dengan kalian yang terlalu sibuk mikirin duniawi. Allah sudah atur jodoh, maut dan rezeki kita semua. insyaAllah, berkah. 

Gue juga gak mau memaksa kalian atau bagaiman, gak sih. menurut gue, kalau sesuatu hal yang baik pasti akan datang di waktu yang baik dan untuk orang yang baik juga. cari ilmu darimana pun. bukan cari pengalaman yang membawa kalian ke hal yang bikin kalian kapok atau bikin kalian justru suatu saat menyesalinya. itu namanya kalian cari pelajaran biar kalian kapok, bukan pelajaran yang mengajarkan kalian untuk menjadi lebih baik. kalo di kampus dan di mata kuliah gue, mencegah dan memberitahu tentang pendidikan kesehatan lebih baik dibandingkan mengobati. kayak promotif dan preventif. bukan kuratif dan rehabilitatif. 

SUDAH YAH, AKU MAU ISTIRHAT. SELAMAT ISTIRAHAT!!!
JANGAN LUPA WUDHU DULU SEBELUM TIDUR, BACA DOA, MENGUCAP SYUKUR.

Wassalamualaikum

Komentar

Postingan Populer