Curahan Hati Mahasiswa/i Tingkat Akhir (SKRIPSI!)

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat malam semuanya, sebelumnya saya ingin mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini, semoga kita semua diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan tahun depan dengan formasi lengkap (keluarga kumpul semua!) Aamiin Allahumma Aamiin.

bagaimana, lebar kan? HAHAHAHA Yaudah. terima aja. sekaligus diratapi "mo sampe kapan saya lebar?!" WOAKAKAKAKAWOKOKWOKWOK. apasi....

JADIIIII.....gue yang hampir beberapa bulan gak pernah nongol lagi buat nulis di blog (padahal di draft itu ada bbrp tulisan yang super numpuk, gitu emang akutu) karena keterbatasan waktu dan tenaga ya gaes, jadi aku harus fokeus dengan "SKRIPSI" momok yang paling buat mahasiswa/i kek "WAGELASEH?!"

Serem ya dengernya? 

Gue dulu ngiranya gak bakal sebegini nya loh, benar2 memakan dan menguras segalanya. waktu, uang, tenaga, pikiran dannnn lain2nya. jadi, gue sangat minta dimaklumi kepada orang-orang disekitar gue baik itu keluarga, teman, pujaan hati (fangirling tentu saja!) daaaannn semuanya kalo gue being too sensitive selama skripsi ini berlangsung. gak sampe yang sedih2 gitu sih, gue bersyukur banget orang2 disekitar gue memiliki positive vibes gitu, kalo ketemu sama orang yang udah pusing terus bikin kita pusing, duh bye bgt bby. GO AWAY! gue gak mau ada orang yang bikin mood gue jadi amburadul alias gajebo alias bikin gak ada untungnya dan akhirnya gue menyesal, tugas gue gak selesai, menuh2in pikiran dan buang2 waktu, no bby. kamu salah orang kalo ke aku! (AQUARIANS YANG SUPER CUEK, MANA SUARANYAAAA???????) TOS! tidak memandang bulu ea kalo udah esmosi gegara hal sepele yang bikin mood kitorang naik pitam dengan mudahnya.😑😑😑

Jadi, teman gue yang satu angkatan atau bisa dibilang satu nasib dengan gue yang pada saat ini sedang berjuang dengan segala macam ide konyol agar bisa "eh masuk akal juga nih ide. wow. how briliant i am." PFFTTT SOK IDE BANGET EMANG, pasti lagi pusing2nya dan bisa dibilang kek tulang lunak alias mudah lesu. harap maklum deh y. gue adalah tipikal mahasiswi yang super ambisius sekaleeee tapi kalo udah males, wassalam deh. nempel banget tuh males sama gue, kek kembaran atau parasit gitu lah. jadi awal2 mula pas tau ternyata skripsi untuk angkatan gue itu tidak dipilih (kalau keperawatan itu kan ada peminatan atau konsentrasinya banyak ya jenis anak, maternitas, jiwa, komunitas dan medikal bedah) itu tahun lalu dipilih sama dekan. jadi yaa...kita tinggal kerjain aja. kalo sekarang, gak. jadi itu terserah kita mau ambil konsentrasi apa dan siapa dospemnya. gue adalah orang yang selalu diolok2 dengan "yaudah lo medikal bedah aja" ya, FYI medikal bedah emang harus pandai2 putar otak dan tentu sajaaaa dosennya bikin kita segan bukan main. baiklah, karena gue sudah memantapkan hati untuk medikal bedah gue lanjut pilih dospem (dosen pembimbing) dan jatuh kepada Lady Di (Bu Diana). Hening....

"Gyp, serius?'
"Iya, kenapa?"
"Duh, semangat ya. bismillah. dia kan perfect banget."
"Alhamdulillah, itu point plus beliau."

Tapi, menurut gue mau siapapun dospemnya kalau bukan dari diri kita sendiri yang emang masih egois dan masih males-malesan kayak percuma aja gitu adanya dospem. ingat, bagaimana diri kita. kalau dospemnya ngawur, itu urusan belakangan. gak kebayang kan, lo nya ngawur terus dospem lo ngawur? duhhh...jangan sampai!!!! ayok, mulai dari diri sendiri. sehingga kita juga gak nyalahin orang lain. kalo kitanya semangat, kita ada kemauan, kita rajin pokoknya kita benerrrrr aja insyaAllah berkah dan dipermudah segalanya. BERDIKARI! yea paanseeee.

LANJUTTTT......ketemu dengan dospem. pertama ketemu, beliau jelasin hal2 apa aja yang bikin kita jadi harus mengambil judul. LIHAT PREVALENSI! lihat lihat lihat. mau tau gue berapa kali ditolak judulnya? 3x! berapa kali bimbingan buat di acc judul? 5x! kok bisa? jadi pertemuan pertama itu kan baru bahas2 buat skripsi itu gimana, yaa pokoknya dipertemuan ke 5 itu gue baru acc judul, tapiiiii belom boleh disuruh bikin bab1. gue bertanya dong sama senior2 yang dulu pernah skripsi dipandu sama beliau, MAKIN CINTA AKU DENGAN LADY DI!!!! (definisi cantik, pintar, cerdas, baik tuh nyata adanya gengs! dospem ku!!!πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•) dan jujur, selama dibimbing sama beliau gue belum pernah melewatkan hal2 yang gak masuk akal. semua emang rasional sama beliau. bahkan gue pernah ngerjain sesuatu trs temen gue blg "banyak banget gyp" yaa karena beliau mau gue tuh jelasin, gimana prosesnya dan kok bisa? yaaaa, pake otak. beliau waktu bimbingan pernah bilang "Ayo deh pinter, kali ini otaknya dipake!" WAAAAHHHH WATDEZIGGG, aku seperti tertampar. ilmu gue selama ini belom ada apa-apanya!!!

Waktu gue bikin skripsi (bahkan samapai saat ini) suka ngomong sama diri sendiri "Lo itu nekat, lo itu bahkan cuma modal bismillah dan ingat sekali lagi, LO DISINI SENDIRI!" maksud sendiri adalah, gue gak punya keluarga yang basic nya itu dari kesehatan (terutama perawat, kalo dokter ya ada bbrp sepupu dan om) tapi gak deket2 banget gitu. cuma kalo perawat? GAK ADA! gue dulu awal masuk kyk "yaaa semoga aja bisa lulus, gausah jadi yang paling terbaik." tapi hati kecil gue mengatakan "GAK! LO HARUS YANG TERBAIK! YOU CAN DO IT URSELF GYP! CAMKAN!" bahkan saking ambis nya, gue pernah nulis di mading kamar gue kalo ipk gue harus >3,5 dan alhamdulillah, terima kasih yaAllah. terima kasih kepada semuaaaaa yang udah ikut mendoakan dan support. TENGKYU GAEZZZZ. yaa gue Berdikari. berdiri dibawah kaki sendiri. semua sendiri. gak ada people power. karna gue merasa "sayang semuanya kalau gue terlalu santai dan terlalu membuat diri gue kurang terpacu." tapi bener ya, lingkungan lo adalah yang membentuk lo. gue berteman dekat dengan IPA 1 (kelas gue waktu SMA) mereka adalah kumpulan orang2 ambis, cuma yaaa cara mereka dalam ambis itu berbeda2 dan jujur gue termotivasi oleh mereka. terutama temen2 gue yang lulus cepet terus dapet kerja dan bahkan ada yang baru lulus S1 langsung lanjut S2. see? LINGKUNGAN! dan tentu saja balik lagi ke diri kita, ini semua tentang diri kita.

Baiklah, selama proses mengerjakan skripsi tentu saja tak luput dari yang namanya MENGELUH. ini udah kayak makanan pokok (ups, sorry. but not for me. KERJAIN GYP JANGAN NGELUH!) telinga dan sensori gue tuh sampe bosen banget denger orang ngomong "lo enak begitu, gue kan begini." EH BWAMBWANK itu kan pilihan elu, cara elu, terus elu mau membandingkan gue dengan elu gitu? mon maap, keluh kesah lo sungguh gak elit. kalo mau ngeluh saking susahnya tuh jangan kek gitu. gue dan teman dekat gue kalo ngeluh tuh yaaa kayak main siapa yang paling susah hell-o?! jadi kita kek bersyukur "alhamdulillah gue gak eksperimen" nah temen kita aja masih semangat, lah kita kobaran apinya dah padam? mon maap, apinya itu kebanyakan api cemburu pasti yak?! bye!

Gue sungguh malesssss ketemu orang yang bikin atmosfer gue jadi ikutan pusing atau mengeluh. ADOEEEHHHHH AMP00000NNNNN, ini bukan gak mau bantuin atau gimana ya, tapi yakelong saaayyy lo mengeluh saban hari kalo lo juga do nothing ya itu gak akan kelar. ada juga tipe yang datang disaat butuh aja, ada. gapapa, selama gue tau dan bisa bantu yaaaa kenapa tidak? semoga aja dia bisa paham dan bisa kebantu, kalo gak kebantu ya diharap mencari bantuan lain. pilih deh tuh mau call a friend yang mana ya say. 

Jadi, menurut gue keluh kesah kalian itu jangan selalu membuat orang lain jadi kek "apaansi" ya jijay sekaligus bikin enek gitu loh. jadi orang juga males liat atau denger keluh kesah klean. gue tau ini merupakan fase atau waktu yang bikin kita semua stres (tapi kayaknya ada bbrp org juga yang enjoy ngerjain skripsinya) semua tergantung diri kita gimana menghadapi dan menyikapi. gausah membanding2kan yang lo kerjakan dengan yang orang lain kerjakan, mau sampai kapan? apa itu bikin lo termotivasi dan terlihat hebat? apa itu salah satu cara agar skripsi lo kelar? itu sehat emang ya? semua balik lagi, DIRI KITA BAGAIMANA. dan solusi gue dalam mengerjakan skripsi adalah dicerna dulu apa yang mau lo lakuin, jangan gegabah ikutin orang lain karena semua akan berujung dengan "revisi" kalau lo gak tau dasarnya. ini bukan sok menggurui atau bagaimana, tapi ini berdasarkan kejadian yang gue alami dan gue melihat sekitar gue gimana. gue pernah tinggal comot aja dan gue gatau. bingung. pas ditanya dospem "gimana? kenapa? apa? kok bisa?" wassalam. otak gue sepi alias hodob, kasian sekali diri gue. 

Bagi klean2 yang masihhhh aja bikin orang jadi ikutan pusing dan bikin diri kalian merasa paling "melarat" pas ngerjain skripsi, yaudah. gue harus apa? gue setiap ketemu org yg kalo ngomong "lo enak ada di google ketemu, gue harus bikin blablablabla" hey sweetheart, itu pilihan kamu! itu jalan yang kamu mau! itu yang memang sudah menjadi suratan takdirmu! itu! terus aku harus bagaimana? gue kalo begitu cuma bisa bantu doa aja, karna gue juga punya hal lain yang harus gue kerjakan. gue gabisa membagi pikiran gue dengan hal lain yang menurut gue gak penting2 banget (i'm sorry to say this, but that is fuckin' true darling) tapi kalo gue bisa bantu, gue akan bantu. karna gue juga terkadang membutuhkan bantuan orang lain cuma gue gak pake embel-embel "ah elo kan blablablabla, gue susah tau blablabla" gue langsung meneriaki diri gue sendiri "BACOT LO GYP! orang ogah nolongin lo, to the point aja udah!" (ya, gue benci basa-basi yang basi sekaligus bikin naik pitam. sayonara!)

Kok gue ngetik sambil emosi juga ya?

Baiklah, berhubunga kerjaan gue sudah selesai dan besok gue bimbingan terakhir sepertinya sebelum sidang proposal hari rabu nanti, gue minta doanya kepada kalian semua agar skripsi gue dan orang2 yang sedang berjuang mengerjakan skripsi diberikan kemudahan dan semoga menjadi keberkahan. Aamiin Allahumma Aamiin.

Wassalamualaikum

Nox!

Komentar

Postingan Populer