Kotabaru #1

Assalamualaikum Wr.Wb

SELAMAT MALAM DAN SELAMAT BERISTIRAHAT!!! Alhamdulillah, sudah otw di penghujung agustus dan minggu depan sudah bulan september. bagaimana hari ini? baik? semoga selalu baik yaaaa~ nikmatin aja baik itu bikin seneng atau bikin kurang seneng, bukan gak seneng yaaa tapi kurang seneng. merubah setiap kata itu lebih baik dibandingkan langsung bilang "GAK!" (eh gimana sih? paham ya kan?)

Jadiiii....gimana reaksinya mengenai ibukota yang akan pindah (tapi udah bukan akan lagi sih, bakal pindah beneran) walaupun tidak dalam jangka waktu dekat, mungkin masihhhhhh bertahun2 lamanya. bahkan bisa saja pindahnya pas masa pak jokowi udah berganti (karna beliau kan udah 2 periode ea guyz. dimohon tidak membawa2 pemilu ya. BUBAR BUBAR! TIDAK ADA POLITIK DISINI!

Sebenernya gue bukan mau membahas mengenai "Kenapa pindah?" "Wah pasti menggiring opini orang lain nih!" "Adoeh cari sensasi banget deh! pasti biar readersnya banyak!" HAHAHAHA NGAWUR! READERS GUE GAK BANYAK KOCAK! (terbanyak saat ini adalah tetap skincare dan makanan fav dan yaa tetap aja ada orang minta gue update skincare. mon maap aq gak glowing shay~)

Gue mau ceritaaaaaa sedikit mengenai KALIMANTAN. bukan soal mantan karna kami baik2 saja~ uwuuuu~~~~

Sebenernya gue gak mau berfokus mengenai kehidupan gue aja sih, karena gue juga tinggalnya di kalsel tepatnya di Kotabaru

source google

source google


PAKE HP AKUUUU

PAKE HP AKUUUU

Baiklah foto diatas itu gue ambil secara amatir tentu saja. maklum ya gue tipekal yang bisa dibilang kurang pandai mengabadikan momen, makanya gue sekarang menyesal tidak perbanyak foto2 waktu masih di kalimantan. kita mulai aja kali yaaa karena intermezzo gue bablas maning (sedang mendengarkan lagu Mean-Taylor Swift)

Setiap ketemu orang baru atau gak deket2 banget, pasti selalu nanya "Lo tuh orang mana sih? Jakarta, Kalimantan, Jawa atau Sunda?" lalu ku jawab "INDONESIAAAAA~" he he he. tapi gue selalu bilang campuran, atau gue menjelaskan secara pelan2 walaupun sebenernya gak penting ya ngejelasin begitu karna mereka kek "YAUDAH INTINYA LO ORANG APA?!" gue selalu bilang "IYA JAKARTA UDAH!" karena...ortu gue lahir dan besar disini, pun gueeeeee lahir dan besar disini. eve gue pindah-pindah tinggalnya, gak hanya stay di jekardah. lalu kenapa selalu ditanya "orang kalimantan ya?" sebenernya adalah....

27 September 2014 sebagai sejarah bahwa gue anak jekardah memutuskan untuk ikut bokap pindah ke Kotabaru, Kalimantan Selatan. karena bokap gue dipindah tugaskan dari perusahaannya ke Kotabaru. perlu dicatat, kotabaru itu ada PULAU. namanya Pulau Laut. jadi kalo ada yang nanya "sebelah mana nya banjarmasin?" gue juga rada bingung jelasinnya, karna jujur aja dia itu di peta indonesia keliatannya seuprit bangeeeetttzzzz. gue pun sejujurnya gak engeh samsek, sampai akhirnya bokap gue sebelum pindah itu beli peta indonesia (bokap gue pengkoleksi peta sumpah! lo tanya dah dia peta apa aja juga ada kali!) itu letaknya beda pulau dengan si banjarmasin. jadi...dia punya pulau sendiri. lalu reaksi yang gue ceritain "Loh, terpencil dong? emang ada penghuninya pulau sekecil itu?" TENTU SAJA ADA! tapi.......namanya daerah ya, ekspektasi gue sedaerah2nya pasti dong gak terbelakang banget gitu. ternyata...sungguh mantap. ini gue menceritakan kondisi Kotabaru pada tahun 2014 ya, mungkin sekarang sudah membaik dan bahkan sudah sama seperti kota lainnya. walaupun perkembangannya begitu lambat, tapi Alhamdulillah sudah membak (kata abang gue sih, karna doi stay disana. padahal dari rumah gue ke kota juga jauh, sekitar 30-40 menit wkwk lulz. yayaya orang kampoeng ulun nih)

Selama packing barang2 buat dipaketin ke kotabaru, gue selalu bilang ke nyokap "udah bu, gausah banyak2. disana kan juga bsia dibeli. pasti ada alfa/indomared disana. yakali gak ada." pas nyampe sana..."EH MANA NIH MINIMARKET? EH APAAN NIH WINMART? GS? WOY KEMANA INI ALPA SAMA INDOMARED?! SERIUSAN?!" kaget. anak kota kaget ngeliat pulau. oke, jadi bagaimana proses bisa sampai ke kalimantan terutama di kotabaru? berangkat flight pagi ke terminal 2A (waktu itu terminal 3 belom jadi gaezzz) nyampe di bandara syamsudin noor ternyata gue harus transit dan lanjut naik kapal kecil untuk sampai kotabaru. karna seperti yang sudah gue jelaskan sebelumnya bahwa, kotabaru itu beda pulau sama si banjarmasin ini. bisa aja sih naik bis atau naik kapal, tapi memakan waktu lama. jadi flight dari jakarta ke banjar itu sekitar 1 jam lebih, lalu lanjut naik pesawat kecil baik itu kalstar atau wings selama 30-45 menit. bandara di kotabaru namanya gusti syamsir alam. reaksi gue gimana pas pertama kali melihat bandara di kotabaru?

"Hah? serius ini bandara? wow..." wajar sih, karena disitu cuma penerbangan pesawat kecil. baik itu ke makassar, banjarmasin atau batulicin (ini nama daerah juga, beda pulau sama si kotabaru) sudahlah gue akhirnya tinggal di perkomplekan perusahaan bokap gue, yaitu GHN (orang sana bilangnya bimoli, akrna bergerak di bidang perminyakan. jadi intinya minyak bimoli aja, GHN cuma beberapa orang aja yang tau) sepanjang jalan gue cuma melihat sekitar. bener2 panas banget karna waktu itu suhunya 35 derajat ya say, terus udah gitu jalanannya cukup jelek, banyak lubang, POM BENSIN sedikit banget, terus hutan, hutan, hutan, hutan. sampailah ke GHN. mungkin bisa dibilang hanya GHN lah yang terbagus. kenapa? karena GHN ini perusahaan besar dan beda aja gitu. gak kayak perusahaan2 lainnya. jadi secara bangunannya cukup modern dibandingkan yang lain.
source google

source google

Ya, itu perumahannya (minimalis lah ya, gak gede2 kek museum kebanyakan pilar gitu rumahnya, gak kebayang juga sih rumah disitu kek museum gede2 banyak pilarnya HAHAHAHA SUPER LULZ) dan pemandangan depan rumah gue itu adalah kolam/danau buatan (BANYAK IWAKNYAAA!!! makanya dulu suka banyak org2 yang baunjun iwak disana pang! YES BISA BAHASA BANJAR HAHAHAHA) serta pabrik. iya. pabrik. polusi apa gak? gue gak tau, karena gue dan keluarga menghabiskan waktu dengan jalan2 dan didalam rumah aja. tapi kadang polusi juga sih. fasilitas yang didapat cukup baik, karna juga perkomplekan jadi yaaa baik2 aja. tapi. ada satu permasalahan yang waktu itu cukup kita takutin. belakang rumah, masih rawa. banyak biawak (SUMPAH BIAWAKNYA GEDE BANGET! dia kalo sore suka JJS gitu say keliling2 danau HAHAHA dan ini super nakutin banget sih parah! karna gede bet kek komodo HAHAHAHA. padahal belom pernah liat komodo secara live lulz) dan...kalimantan tanpa monyet/bekantan adalah tidak afdol. IYAK DIBELAKANG RUMAH GUE BANYAK MONYET DAN BEKANTAN! tapiiii, mereka adalah temankuuu. karna gue pernah curhat sama mereka dong?! HAHAHAHA. jadi waktu awal2 pindah, setiap ngejemur pasti kek buru2 gitu, ngeri diterkam aja sama mereka yang lagi pada nangkring di pohon2 tinggi. karna pagernya gak bisa membuat mereka gak masuk kedalam rumah. makanya diwanti2 banget pintu belakang rumah itu jangan sampai kebuka. karena mereka masuk tanpa bilang assalamualaikum. tamu tak diundang yang suka nangkring di dapur. disana tuh sekalinya hujan bisa sampe gak berenti2 ceu, tapi kalo panas? BEUH! lo jemur misalkan jam 9 pagi (jangan pake pengering ya! cuci biasa aja) jam 2 siang bisa lo angkat itu lo punya cucian say! nah bayangpun!  lalu kok gue bisa pernah curhat sama tenyom2? jadi...HAHAHAHA GAK WARAS SIH KAYAKNYA GUE FIX! gue butuh temen curhat waktu itu, biasa lah galau ceu. terus gue ngangkat jemuran sore2 sambil nunggu bokap pulang gue bilang sama monyet2 yang lagi pada nangkring di pohon, gue inget banget dong curhat apa waktu itu HAHAHAHA. gue bilang "Nyet, gue kangen deh sama jakarta. ntar kalo gue ke jakarta, lo gue ajak deh. gak usah takut, temen lo banyak disana HAHAHAHA" terus monyetnya diem aja. YAIYALAH DIEM, KALO DIA NYAUT SEREM JUGA GUE! bedanya apa monyet sama bekantan? GOOGLING! tapi lebih agresif monyet, bekantan kalem. selama ini sih, tamu tak diundang yg kerumah gue itu yaa monyet. gue inget banget, monyet pernah masuk rumah gue dan dia...menghambur2kan beras didapur. WOY! BERAS MAHAL BANGET DISANA WOY! pertama kali gue disana, gue sama nyokap sok ide banget beli beras unus. ternyata? pera beeettt. akhirnya gue menyewa jasa ART dia org bugis tapi udah lama tinggal disitu, skill memasaknya bagaimana? tidak sesuai harapan. tidak pas dilidah keluarga gue. akhirnya kita training si mbak nuri ini untuk memasak, dan alhamdulillah semakin membaik walaupun dia kadang kalo kerja suka gabruk-gabruk sehingga perabotan dirumah suka prangggg~ kerjaan lain dia bagus kok. KANGEN MBAK NURI!

Selama ada mbak nuri, gue aman2 aja. karna dia orang situ dan dia lumayan eksis ceu. jadi dia update banget deh seputar kotabaru. bahkan dari mbak nuri lah gue diceritakan mengenai Desa Saranjana (ini creepy bgt sih emang, makanya gue gak mau bahas. HAHAHAHA. cari ajalah thread nya di twitter, dah banyak say~) dan mbak nuri juga yang meracuni aku dengan bahasa2 banjar. ada kali logat gue juga berubah, bahkan gue menggunakan bahasa sana. even masih yang dasar banget yah ceu. oke, bagaimana dengan kuliner? SEAFOOD DISINI JUARA! tapiiii, emang biaya hidup disini cukup mahal. jadi...disaat kalian2 ngidam kambing atau sekadar pecel lele dan ayam. maaf sulit sekali. lidah gue akhirnya menyesuaikan yang ada disini aja. eh tapi karna keluarga aku doyan makan dan cerdas, jadilah kita sukanya masak dirumah aja. jadi lidah kita bisa tetap dimanjakan dengan makanan2 biasanya. bukannya disana makanannya gak enak, tapi penyesuaian lidah itu butuh proses ceu. sekalianya ada makanan enak disana pasti harganya selangiiiiitttt. nah membahas tentang banjar, disana ada bumbu yang menurut gue dan keluarga gue ini adalah bumbu universe alias semua bumbu ya ini. yaitu. BUMBU HABANG! gak ada yang salah dengan si bumbu habang ini, namun...eh yang boneng? apa gak ada bumbu lain? makanya sejak saat itu lebih baik masak dirumah. cuma yang gue suka dengan kotabaru adalah, unik. kenapa? karna gue kebanyakan pergi ke pulau jawa, jadi ini cukup unik. disini kita bilang angkot, tapi disana bilangnya taksi. bahkan gue ngiranya ada taksi bluebir dong?! hAHAHAHAHA. pasar hanya ada pasar limbur sahaja gaes. udah gitu...eskalatornya mati wakakakaka. jujur gue takut sih kalo disuruh kelimbur malem2 WAKAKAKAK. untuk makanan khas pasti biasanya SOTO BANJAR! tapi...ada juga yang enak yaitu Nasi Kuning Tambak, Ketupat Kandangan, Hj.Wangi (dia seafood) daaaaann lainnya. oh iya, tahu telor di depan RSUD enak bet cuyyyyy. paraaaahh. disana cuma ada 1 tukang kebab, dan 1 tukang martabak yang nge-hitz gitu.  tekwan depan masjid jami juga enak bet, makanya kalo mau beli kudu buru2 deh, suka kehabisan kalo selesai tarawih! duren disana gimana rasanya? no. big no. aku dan keluarga aku ndak suka. menurut gue, disana itu untuk bercocok tanam buah2an kurang bagus. karna....entahlah. tapi langsat (dukuh) enak! musim buah disana bener2 kadang gak dihargain. bokap gue pernah beli langsat di deket limbur, sekilonya cuma 3rb dong?! HAHAHA KAGET GUE! jadi saban hariiii gue sama keluarga gue makan langsat sambil nonton tv. untuk internet gimana? LOL, LEMOT BANGET! jadi dulu kalo chattingan kudu sabar banget, even pake wifi juga masihhhh aja lemot. yang cepet internet kalo ke kota. dari rumah gue ke kota cukup deket, tapi kalo dari rumah gue yang sekarang untuk ke kota jauh. karna rumah gue di gunung. lebih adem yang di gunung tentu saja. di kotabaru hiburannya banyak sih, tapi tergantung ya. pantai ada siring laut. tapi kalo dibentangin lagi, sepanjang jalan ke siring juga banyak pantai bagus dan bebas dimasukkinnya! tapi ada juga sih yang bayar, pantai apa gitu gue lupa. emang paling enak sambil minum degan sih kalo di pantai. uwuuuu.

gue akan menceritakan hal lainnya seputar bagaimana reaksi gue melihat suku dayak asli dan suku madura disana. jadi....nanti lagi ya gue sambung. ini belom apa2 say. kalem. perjalanan gue di kotabaru masih panjang. sekarang istirohat dulu yaaa. selamat malam. wassalam.

Nox!

Komentar

Postingan Populer