Skripsi dan Sidang Akhir SAMA CERITA AKU!

Assalamualaikum wr.wb

Selamat malam semuanya teman-teman pembaca blog aq (HAHAHA SIAPA JUGA YANG BACA WOY! sok ngartis banget akutu say. mon maap) apa kabar semuanya, semoga semuanya berjalan dengan baik2 aja dan kalaupun sedang tidak baik semoga diberikan kebaikan yang membuat kita selalu tetap bersyukur. menanyakan kabar dan mendoakan kalian merupakan part kesenangan aku, karena aku seneng aja melakukan hal itu. bukan berarti gue kepengen di cap "orang baik" tapi gue akan melakukan hal baik walaupun sekecil upil yang dibulet2in. wow perumpamaannya apakah tidak ada yang lebih elegan lagi? baiklah, malam ini sambil beristirahat dan sambil melakukan hal lain, tentu saja gue multitasking yaaaa dengerin lagu fireflies nya owl city karna tbtb kepengen aja dengerin itu, sambil mindahin foto dari hp ke mac, lalu membuka folder skripsi ya buka aja dulu HAHAHA. besok gue harus ke kampus pagi-pagi karna revisian sudah menunggu gue. samlekum revisian.

Ngomong-ngomong soal revisian, FYI Alhamdulillah aku sudah melangsungkan sidang skripsi pada tanggal 20 Agustus 2019 jam 15.30 (aku sih mulai sidangnya jam 16.30 he he he ngaret bgt y? gpp yang penting wis rampung!) ngomong sidang skripsi...sebelum memulai sidang, tau kan ada penelitian? bagi sebagian orang mungkin melakukannya ada juga yang gak melakukannya. tapi, JUJUR skripsi itu sebenernya gak susah tapi gak gampang juga karena pastiiiiii semuanya mengalami drama yang menurut gue itu "IH KEKI AKU, SEBEL AKU, BENCI AKU!" itu aja sih.

Baik....

Mungkin bagi sebagian besar mahasiswa/i tingkat akhir skripsi merupakan momok yang paling ditakuti karena...ini penentuan aja sih lo lulus apa gak. semacam UN? oh tidak, tugas aja. kayak bikin makalah biasa. tapiiiiiii semuanya harus berdasarkan data yang valid dan kita yang melakukan penelitian tersebut untuk membuktikan bahwa "oh, ternyata begini toh." berhasil atau tidaknya penelitian kita itu nanti, belakangan yang paling utama adalah niat untuk ngerjainnya dulu. misal, lo sok ide banget nih pengen cari tau hubungan pacar ke 1 dan pacar ke 2 apabila dipertemukan apakah akan saling akrab atau tidak? atau bisa juga pengaruh putus dari mantan akan membuat kita menjadi orang yang sukses karena kita bisa spread love ke siapapun alias menjadi orang yang tebar pesona sana-sini. BISAAAA. semuanya bisa. asalkan, jangan cuma sok ide aja tapi gak dikerjain. percuma. sia2. HAHAHA pliz jgn stu-pid. pokoknya semua dari diri sendiri, yang milih dan yang ngerjain ya kita sendiri. selama proses pengerjaan penelitian setelah dilakukannya sidang proposal penelitian/proskrip (proposal skripsi) masuk lah ke waktu penelitian.

Jujur, ini merupakan fase titik terendah gue dalam mengerjakan skripsi. kenapa? aduh bok, gak perlu gue jelasin lagi kali ya seberapa sering gue meratapi nasib bab 5-7 gue karena disaat orang lain udah melakukan penelitian, gue masihhhh aja nunggu jawaban dari RS. gak cuma hal tentang skripsi, dari berbagai hal juga membuat gue menjadi mudah sedih alias cengeng! lo tau kan gue anaknya susah banget nangis, maksudnya adalah gue anaknya gak mudah cengeng gitu loh. kecuali, gue ditinggal atau gue emang emosional banget. tapi dijahatin orang aja gue masih bisa ketawa-ketiwi, chill aja akutu anaknya~ hampir 2 minggu gue bener-bener stress banget. bahkan gue sampe setiap malem kerjaannya cuma nangis. sebenernya aku tidak mencari sensasi ya guiz, aku lebih baik cari pahala dibandingkan cari sensasi, sorry to say this~ tapi jujur, itu bener-bener titik terendah gue dalam menegerjakan skripsi. bahkan gue enggan untuk cerita ke temen2 gue baik itu temen kuliah atau temen sma atau temen spesial (eh mon maap, ini martabak apa gimana ada spesial2 nya segala?! WAKE UP EUY!) karena gue se-gak kuat itu. jadi ada satu hari gue bener-bener mau nangis kejer karena gue gak kuat banget buat nahan itu semua. gue setiap ngeliat orang tuh bawaannya ngedoain mereka gitu. misal, waktu itu gue ketemu tukang nasgor gue membatin dan mendoakan dia "yaAllah buka pintu rezeki dia selebar-lebarnya agar dia juga bisa membahagiakan orang lain. mulia sekali dia." terus gue liat org2 naik kendaraan pribadi "yaAllah, selamatkan mereka ke tempat tujuan mereka. siapa tau itu merupakan salah satu hal yang emang mereka nanti2 dan membuat mereka mencari keberkahanmu. selamatkan dan permudahkan urusan mereka." ya sebegitunya gue ingin melihat orang lain juga kecipratan bahagia yang gue rasakan. sebisa mungkin gue mendoakan mereka yang baik2.

Terlepas proses penelitian gue begitu lama dari pihak tempat penelitian gue, jadi gue menghabiskan waktu gue untuk melihat kembali skripsi2 gue yang masih salah atau gue bersih2 atau gue sekadar memanjakan diri gue (kelewat manja sih jadinya males banget ini) dan akhirnya surat itu mendapatkan balasan. seneng? BANGET! sampai gue tuh gemeteran karena berharap penuh dengan ini semua. gue bener-bener pasrahin sama Allah SWT. bayangpun ceu, gue sidang akhir tgl 8 Agustus 2019 tapi gue baru mulai penelitian tgl 5 Agustus-9 Agustus 2019 (jujur dari tadi gue nulis tahun 2018 dong?! ADA APA SIH DENGAN TAHUN 2018?! mari kita dengarkan lagunta The Cure - Friday I'm In Love. GILAK! reminds me ke zaman2 SMA yang everyday is a happy day~) selama proses penelitian, gue bener-bener bersyukur. kuliah di jurusan ini selalu bikin gue bersyukur banget ya. terima kasih yaAllah.

akhirnya gue selesai penelitian, gue dibantuin temen-temen gue dalam mengerjakan bab 5-7. tapi bukan berarti aku memperbudak mereka, tidak dong. aku bertanya2 seputar SPSS karena temen2 ku lebih cerdas dari aku. aku juga cerdas tapi cerdas dalam hal lain. tuh kan memuju diri sendiri tidak akan ada habisnya HAHAHA. proses pengerjaan bab 5-7 hanya memakan waktu seminggu saja sodara2 dan akhirnyaaaa aku memberanikan diri untuk konsultasi bab 5-7 di hari senin tanggal 19 Agustus. saat itu, gue sedang memakan pempek dan juga tekwan yang baru aja gue masak sambil nonton film thailand yaitu Friendzone. belom ada setengah film pisan tbtb aja temen gue chat ngirimin foto dia chatan sm dospem gue. tulisan yang gue baca "besok jam 15.30" gue pikir tuh hari ini gak jadi konsul, jadinya besok. pas gue buka fotonya....


"Hari ini konsul jam 11.30 bahas semuanya biar besok bisa sidang jam 15.30"


HAHAHAHAHA TUH MAKANAN UDAH NGGA LEZAT LAGI DAH, YANG UDAH MASUK  KE ESOFAGUS GUE RASA JUGA MOLOS WEHHHH~

langsung dong wanita yang cantik dan cerdas ini bersiap2 untuk menyiapkan mental sekaligus menyiapkan segalanya. satu sisi aku deg-degan tapi satu sisi aku merasa bersalah tidak bisa hadir ke persidangan teman. tapi, GUE MEMENTINGKAN DIRI GUE DULU! bukan berarti gue lupa akan jasa temen gue, tapi...PLEASE GUE JUGA SEDANG SUPER HECTIC! konsul, revisian, bikin abstract, bikin ppt. OMAYGAT! WAKTU GUE CUMA SISA 1 HARI! ngerapihin bab 5-7 aja sampe malem. untungnya gue udah bikin cadangan responden. gue ngerapihin sekaligus ngeprint semuanya itu sampe jam 3 pagi! gue tidur sebentar, sholat subuh dan lanjut lagi bikin...abstract. tentu saja gue tidak memperbudak siapapun dalam membuat abstract. ini skripsi gue, ini kerjaan gue, ini tanggung jawab gue dan ini harus gue kerjain dengan totalitas! no matter what! gak perduli abstract gue jelek atau abstact gue berantakan, yang penting HASIL JERIH PAYAH GUE! SEKIAN! gue cuma gak mau ngerepotin orang lain dan gue gak mau memanfaatkan orang lain. emang gue sudah sejauh mana berbuat baik? kalau berbuat baik hanya sekadar kepada "orang terkasih" gue rasa itu bukan baik, itu cuma balas budi aja karena lo diperlakukan begitu sehingga lo harus memperlakukan orang itu sama dengan dia memperlakukan lo. gue rasa itu gak perlu sama orang terkasih aja, ke semua orang! hal simpel aja sih buat gue, lo gak ngerugiin dan gak manfaatin orang lain itu merupakan salah satu kebaikan yang lo kasih ke orang lain. mulai deh aku ceramah, sok benerrrrrr. ngawurrr. tapi ini jujur asli, lo sama skripsi lo tuh harus totalitas deh. jangan setengah2. apalagi setengah lo yg kerjain, setengah lagi pacar atau org lain yang kerjain. bukan gue iri, tapi...dari hal kecil itu aja lo gak bisa menyelesaikan, padahal itu tugas dan kewajiban lo. kesulitan setiap orang emang berbeda-beda, gue tau tapi apa lo gak ada perasaan yang bikin lo jadi tertantang? ya, balik lagi ke individunya ya. terserah aja.

sama hal nya dengan yang dosen gue bilang. beliau bilang "kalau mau mengucapkan terima kasih dalam pembuatan skripsi ini. dipikir2 sejauh mana dia bantuin, berperan dan bermanfaat buat kamu. kalo mereka yang kerjain, udah ganti aja nama kamu pake nama dia. bukan terima kasih itu namanya. diperbudak. dibodohi. terutama yang pacaran2 nih, saya bukannya ngelarang, itu memang hak kamu dan kamu yang tau bagaimana proses pembuatan skripsi ini dan sejauh mana mereka berperan. kamu makasih ke pacar sampe sayang2an, sama orang tua yang berdarah2 cuma sekadar ya makasih. masih sehat gak akal pikiran kamu? masih punya perasaan gak kamu? sayang dan makasih kamu ke orang tua harus yang paling tulus. mereka gak bantuin kamu emang dalam penulisan skripsi secara pengetikan atau apapun itu. tapi, posisi kamu saat ini berkat siapa emang? pacar kamu? dia yang nafkahin kamu? kecuali kamu emang matre. beda cerita. coba deh, otaknya dipake perasannya diperjelas. seberapa penting, manfaat, peran dan lain2nya orang2 disekitar kamu dalam pembuatan tugas ini? maaf kalo saya terkesan meggurui, saya cuma gak mau kalian akan merasa menyesal karena hal2 bodoh. saya menulis nama suami saya di thesis saya, jelas. dia support saya dalam hal apapun. dia mendengarkan saya. dia yang memberikan segalanya walaupun itu semuanya kehendak Allah SWT. tapi lewat suami saya lah Allah kasih itu semua. kalo pacar? hmmm saya jadi kamu, gak bakal tulis sih. sayang sama seseorang kan gak perlu begitu. sayang boleh, bodoh jangan." HAHAHAHAHA INI DOSEN APA MOTIVATOR YA? SUPER LIKE! gak nyesel banget aku pilih dia!

sebelum sidang, tak lupa gue meminta doa dariiii semua pihak. teman, sahabat, keluarga dan yang paling utama adalah orang tua. ke dia? he he he gak ngabarin. aq jahat? gak sih, lebih tepatnya menjaga pikiran agar tidak terbayang2 dirimu. HAHAHAHA WOY APAKAH INI EGYP RAMADHANI ATAU RATU JAYUS SIH?! sidang dimulai, gue maju pertama walaupun sebenrnya gue urutan ke 2. total yang maju sidang hari itu ada 4. selesai jam 7 malam. evaluasi. gue pulang juga minta dijemput sama abang grab (grab heart. WOY! fix dia baca sih HAHAHAHA) selama perjalan pulang baik2 aja. gue adalah tipekal otang yang PALING SUKA didengerin dan direspon kalau lg ngomong. karna ngorbol tuh hal yang paling berharga banget buat gue. apalagi ngobrol sama orang2 terdekat. kayak kehadiran mereka sudah lebih dari cukup buat gue. dengan menghadirkan orang2 baik disekitar gue itu udah bikin gue seneng. selama proses pengerjaan skripsi dimana fase terendah gue, Allah kasih sahabat-sahabat gue yang selalu mau dengerin dan nemenin gue itu merupakan kenikmatan yang Allah berikan sih. gue gak pernah lupa bilang Alhamdulillah. rasanya semuanya pengen gue peluk. PELUK JAUH!!!

Gue update di instastory dan banyakkkk ucapan serta doa yang orang2 berikan ke gue, terima kasih banyak! semoga doa terbaik itu juga kembali ke kalian! AY LAVYU~ FYI, gue masih harus sekolah. jadi belum bisa cari kerja. doakan semoga proses perkuliahan gue berjalan dengan baik.

Doa gue teruntuk teman2, keluarga dan para pembaca gue semoga segala urusan kalian dipermudah dan diberikan keberkahan. yang lagi sekolah, tetap semangat! lakukan yang terbaik dan totalitas dalam mengerjakannya, semoga kalian diberkahi selalu. untuk yang bekerja, tetap semangat! hal yang idnah akan datang pada waktunya baik berupa rezeki atau jodoh atau bahkan kebahagia2an lain yang emang pantas kalian dapatkan, jangan putus asa dan jangan bersedih. yang lagi cari kerja, semoga kalian mendapatkan pekerjaan yang kalian inginkan serta semoga pekerjaan itu menuntukn kalian menajdi pribadi yang lebih baik serta menjadikan gerbang untuk menuju kesuksesan kalian. lalu untuk yang lagi sakit, semoga Allah berikan kesembuhan dan menaikkan derajat kalian. meningkatkan kesabaran kalian, meningkatkan iman kalian. semoga kalian selalu dalam lindugan Allah SWT.

Teruntuk kalian juga, terima kasih atas segalanya. support, doa, kehadiran dan kebaikan kalian. gue gak bisa balas satu2, tapi rasa sayang gue ke kalian insyaAllah tulus dan bikin kalian juga merasa sayang sama gue. makasih atas pembelajaran yang selalu kalian berikan ke gue. gue gak pernah capek mendoakan kalian, gak pernah lupa untuk bersyukur dan gak pernah makruh untuk nemenin kalian. semangat!

Jangan lupa, sebarkan kebaikan walaupun hal kecil

Kamu, terima kasih. itu aja sih. kita aja yang tau😊

Selamat beristirahat dan selamat berbahagia, Wassalamualaikum.

Nox!

Komentar

Postingan Populer