UPDATE 2020 + NEW NORMAL!!!

 Assalamualaikum wr.wb


Alhamdulillah...masih diberikan kesempatan untuk update blog aku yang udah basiiiiiiiiiiiiiiii banget aku anggurin hampir setahun (?) bagaimana kabar kalian di era New Normal ini? hope u guys baik-baik saja DAN TETAP PATUH DENGAN TRANSISI PSBB INIIIIII. bukan berarti bisa santuy-santuy kayak sebelum pandemi ini. anywaaaayyyyyyyyy...gimana rasanya menikmati transisi PSBB atau New Normal ini? capek? jenuh? kesel? SABAR. anggap aja kita lagi puasaaaaa, terus nunggu lebarannnnn. bukan nunggu buka ya, tapi nunggu lebarannnn.


Jyujyur, gue menikmati masa-masa transisi PSBB ini atau New Normal ini. menikmati gimana? kan gak enak pake masker terus. gue udah seringggggggg pake masker setiap hari. 8-14 jam/hari gue menggunakan masker. tentu saja di RS ataupun di luar RS. jadi bagi kalian yang baru ngerasain pake masker hampir seharian, welcome! gue juga gak suka kok dengan pandemi ini, serba dibatesin. serba hati-hati dan serba-serbi lainnya yang tentu saja membuat kita risih bukan main. mungkin bagi sebagian besar orang termasuk gue menyukai dengan adanya PSBB ini atau WFH atau DirumahAja, karena ini yang gue sukai. bagi segelintir orang mungkin merasa dirugikan oleh adanya PSBB, WFH atau DirumahAja. terutama bagi orang-orang yang tidak bekerja di kantor alias lepasan. seperti driver online, pedagang atau usaha kecil lainnya. tapi semoga saja tidak mematahkan semangat dan tidak berputus asa, kita masih punya Allah SWT yang akan selalu menolongi kita. jadi kita harus tetap ikhtiar! Bismillah jangan lupa!!!


2020 ini emang....WARBYAZAAAHHHH. dimulai dari banjir pada awal tahun 2020, daaannn kejadian-kejadian lainnya yang gue sendiri bingung musti urutin darimana. pandemi ini dimulai pada maret sebenernya, gue waktu itu baru masuk semester kedua coass/profesi gue dan kebetulan gue dinas di salah satu RS rujukan Covid-19 Jakarta yaitu RSPAD Gatot Soebroto. jujur, waktu itu pemikiran gue dan teman2 gue ataupun dosen-dosen gue terkait covid-19 ini masih belum dibilang aware, cuma ketika ada beberapa suspect yang mengunjungi RSPAD disitu perhatian kami sebagai mahasiswa profesi/coass jadi lebih maksimal. apalagi gue juga mendapati secara langsung beberapa pasien dengan suspect covid-19. disitu juga udah mulai dipisah IGD untuk menangani pasien susp.covid-19. kondisi gue juga pada saat itu sedang jaga di IGD RSPAD. hari demi hari ternyata susp-covid-19 ini bertambah sehingga gue memberanikan diri untuk ngomong dengan dosen gue bahwa sudah beberapa mahasiswa dari institusi lain yang berdinas di RS tersebut di rumahkan. gak lama kemudian, senin besoknya gue dan teman-teman gue yang berdinas juga ikut dirumahkan dan ternyata pemerintah sudah menghimbau untuk DirumahAja atau WFH.


Every single day, ternyata si covid-19 ini betah di indonesia! gak nyangka gue. gue yang awalnya merasa bahwa indo gak akan berlama-lama dengan covid-19 ini ternyata malah jadi betah si covid-19 ini, kita malah ngasih lapak ke dia! Astaghfirullah. setiap harinya gue selalu diberikan wejangan oleh dosen-dosen gue untuk patuhi PSBB dan bersabar dengan pandemi ini, tapi gue sangat menyangkan kepada beberapa orang yang masih menganggap ini menjadi "santuy". entahlah. beda cerita bagi orang-orang yang masih bekerja sehingga mengahruskan mereka untuk keluar rumah, sebenernya mereka juga pasti kepengennya dirumah aja. toh bahaya. apalagi ternyata beberapa orang yang kena covid-19 tidak menunjukkan tanda-gejalanya. 


Setiap harinya juga gue selalu ditayangkan perjuangan temen-temen gue yang memakai hazmat berjam-jam agar semua pasiennya sembuh dan tidak ada lagi orang yang kena/memutus rantai penyebaran covid-19 ini. tapi sangat disayangkan, bagi segelintir orang juga jadi memanfaatkan waktu ini untuk HAHA-HIHI. aduh....kenapa sih?


Gue pribadi sejak PSBB ini kehitung jari untuk keluar rumah. sekalinya keluar gue dan keluarga gue hanya untuk beli makan, belanja kebutuhan sehari-hari, atau urgensi aja. gue yang memiliki orang tua dengan usia yang sudah setengah abad sangat berhati-hati untuk keluar rumah. tambah lagi ternyata ortu gue juga menikmati dengan adanya PSBB ini, alhamdulillah. jadi syukurnya keluarga gue sangat mematuhi perintah dari pemerintah untuk WFH, DirumahAja. gue sendiri juga merasakan jenuh, suntuk, daannnn ketidaknyamanan lainnya. namun, gue liat lagi temen-temen gue yang lagi berjuang di RS untuk membasmi wabah ini sehingga urung keinginan gue untuk HAHA-HIHI diluar. 


Gue menjaga diri gue, menjaga keluarga gue dan menjaga orang-orang disekitar gue untuk bersama-sama memutus rantai penyakit ini. gue bahkan gak henti-hentinya meminta beberapa temen gue untuk patuh dengan DirumahAja. Kecuali orang-orang yang harus bekerja, beda cerita. gue hanya bisa mendoakan dan mengingatkan teman-teman atau keluarga gue yang masih diharuskan bekerja di luar rumah. semoga mereka selalu diberikan kesehatan dan dilindungi dimanapun mereka berada. semoga lelahnya menajdi lillah. sebenernya yaa boleh-boleh ajasi haha-hihi diluar selama mematuhi protokol, cuma balik lagi sih ke urgensinya menurut gue. sekiranya kalau cuma melakukan hal konyol ya lebih baik gak usah. tapi gue pribadi emang menyayangkan ajasih kepada oknum-oknum yang masih menyepelekan dan masih ngegampangin untuk haha-hihi keluar rumah selama "mematuhi protokol kesehatan" sebenrnya yaa gak gitu jugasiiii pemahamannya. tapi semoga aja teman-teman gue ataupun para pembaca bisa memahami esensi dari urgensi keluar rumah dimasa pandemi ini. karna gue ataupun pemeritah juga ngga bisa memastikan kapan pandemi ini akan berakhir. gue juga sedih setiap harinya ada aja pahlawan nakes yang gugur. semoga mereka husnul khotimah. aamiin allahumma aamiin.


Sekali lagi, gue tidak dengan bosannya mengingatkan kalian untuk tetap atuhi perintah yang sudah diberikan oleh pemerintah. tih juga buat kebaikan bersama, karna kita semua juga tidak ingin pandemi ini berlangsung terus menerus. serem juga gaksi? gue merasa ini saatnya bagi kita semua untuk berpuasa. bukan berpuasa menahan makan-minum, tapi hawa nafsu kita, ke egoisan kita dan hal-hal yang selama ini kalo kita lihat ke belakang kayak gak ada habis-habisnya gitu. ini waktunya kita juga beristirahat sejenak, waktunya kita muhasabah diri juga. karna ini memang berasal dari ketamakan manusia, serakah. menghalalkan segala cara. mencuri-curi waktu luang untuk melakukan hal yang sebenernya tidak urgensi, tidak ada manfaatnya. mungkin rasa suntuk dan jenuh itu berkurang tapi rasa was-was dari nakes yang sedang berjuang tidak pernah berkurang. setiap harinya mereka harus berjuang. ini gak cuma harus nakes aja yang berperan sebagai garda terdepan, tapi kita juga turut andil dalam melawan wabah ini. hope u guys understand dan kalian dalam kondisi baik-baik saja. bismillah kita bisa lewatin. sehat-sehat untuk kalian semua dan jaga diri baik-baik. sabar dan berdoa. tetaplah mematuhi protokol kesehatan dengan cara :


1. Memakai masker

2. Mencuci tangan 6 langkah. 6 LANGKAH LOH YA!!!

3. Menjaga jarak/social distancing/physical distancing


Maaf bila ada salah kata atau apapun itu yang tidak mengenakan hati kalian semua, semoga kita dilapangkan dan dikuatkan selalu. Aamiin Allahumma Aamiin.


Wassalamualaikum.wr.wb

Komentar

Postingan Populer